Diterbitkan 21 Jun 2023

Starter Tidak Bisa Menyala Padahal Aki Baru? Ini Penjelasannya

Teknologi
Aki baru

Banyak orang mengira bahwa adanya masalah pada starter motor pasti selalu disebabkan oleh aki yang habis. Padahal, ada banyak penyebab yang mungkin saja terjadi dan harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengganti aki baru. 

Sebelum membahas apa saja kemungkinan yang bisa terjadi, perlu kamu ketahui bahwa sepeda motor menggunakan teknologi yang dikenal dengan elektrik starter. Dalam elektrik starter itulah terdapat aki yang menyimpan daya listrik untuk menyalakan mesin. Oleh karena itu, aki seringkali disangkutpautkan apabila starter tidak bisa dinyalakan.  

Penyebab Starter Mati Meskipun Aki Baru

1. Starter Elektrik Kotor

Starter motor sangat rentan kotor karena terkena debu, hujan, maupun kotoran lainnya. Selain membuat tampilannya menjadi kusam, starter elektrik yang kotor juga membuat mesin tidak mau menyala, sehingga perlu rajin membersihkannya.

2. Ada Masalah pada Dinamo Starter

Jika sebelumnya kamu sudah membersihkan starter namun mesin tetap tidak mau menyala, bisa saja masalahnya ada pada dinamo starter. Ada kemungkinan arang kumparan atau brush terputus ataupun gosong.  

3. Kompresi Mengalami Kebocoran

Penyebab lain yang bisa membuat mesin tidak mau menyala adalah adanya kebocoran pada kompresi. Jika saat dinyalakan tekanan kaki terasa lemah atau los, maka artinya ada kebocoran pada kompresi.

4. Busi Melemah

Busi merupakan komponen yang memiliki jangka waktu pemakaian. Oleh karena itu, saat kekuatannya mulai melemah, percikan api yang dihasilkan juga akan menurun. Untuk itu, kamu perlu menggantinya dengan busi yang baru.

5. Bendik Rusak

Bendik merupakan komponen yang berfungsi memicu aliran listrik dari aki untuk dihantarkan ke dinamo starter sehingga mesin bisa menyala. Jika ada kerusakan pada bendik, maka harus menggantinya dengan yang baru. 

6. Sekring Putus 

Penyebab lain yang bisa membuat motor susah distarter meskipun aki baru adalah adanya kerusakan pada sekring. Kerusakan yang dimaksud adalah putusnya kawat di bagian dalam sekring karena adanya konsleting.

7. Masalah pada Kabel dan Soket

Penyebab terakhir yang mungkin saja terjadi adalah adanya kerusakan pada kabel dan soket. Meskipun pada awalnya pemasangan kabel sudah benar, namun jika ada masalah seperti digigit tikus, kabel dan soket bisa saja putus.

Inilah beberapa penyebab starter motor tidak mau menyala karena masalah selain aki. Agar tidak salah langkah, selalu periksa setiap komponen saat terjadi tanda-tanda kerusakan agar kamu bisa mengetahui apa penyebabnya. Baca juga 3 Jenis Aki Mobil yang Mungkin Kamu Tidak Tahu di website Gokomodo untuk menambah wawasanmu!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.