Diterbitkan 29 Jun 2023

Sudah Benarkah Cara Minum Kopi? Simak Caranya Berikut Ini

Lifestyle
cara minum kopi

Kopi menjadi bagian hidup mayoritas masyarakat Indonesia. Generasi muda kekinian banyak yang nongkrong di cafe sembari bekerja menggunakan laptop dan menyeruput minuman kopi. Ada juga yang menjadikan kopi sebagai campuran tanaman herbal dan digunakan sebagai obat alternatif. 

Kopi yang dihidangkan di rumah hanya perlu diseduh dengan air, ditambah dengan gula maupun susu kental manis atau krimer. Cara pembuatan kopi biasanya ditambahkan bahan lebih beragam dan cara pengolahannya juga lebih modern. Kopi memang cocok dihidangkan bersama dengan kue, roti, bahkan kurma – Bagaimana Efek Minum Kopi dan Makan Kurma Secara Bersamaan?. Cara mengolah kopi memang banyak, tetapi masih lebih banyak lagi orang yang belum mengetahui cara mengonsumsi kopi yang benar dan sehat

Pengolahan kopi dengan sehat dan benar

1. Disajikan Ala rumahan

Kopi buatan sendiri dirumah tentunya tidak akan neko-neko dalam bahan dan cara pembuatannya. Kopi yang kamu buat dari rumah, bisa kamu bawa kemanapun dengan termos maupun tumbler.

2. Dicampur dengan kayu manis

Kayu manis termasuk tumbuhan herbal yang paling sering dicampurkan dalam makanan maupun minuman. Jurnal Pharmacotherapy membuktikan bahwa kayu manis mampu menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes tipe 2.

3. Tidak menggunakan pemanis buatan

Pemanis yang biasanya ada pada kopi yaitu gula, susu kental manis, dan simple syrup. Jika kamu ingin kopi manis, tambahkan gula jagung (stevia), madu, gula aren ke dalamnya. Pemanis alami tidak akan membuat gula darahmu meningkat tajam. 

4. Disaring menggunakan kertas khusus

Penyaring kertas digunakan untuk memisahkan air dengan ampas kopi. Menurut jurnal Food Research International, penyaring kertas bisa menyaring kandungan cafestol penyebab kolesterol pada kopi. 

5. Tidak diminum saat istirahat makan siang

Kopi diminum untuk mencegah kantuk, tidak heran jika setelah istirahat makan siang banyak sekali yang meminum kopi. Menurut Journal of Clinical Sleep Medicine, minum kopi diatas jam 12 siang tidak disarankan karena khawatir merusak jam dan kualitas tidur di malam hari.

Untuk meningkatkan kualitas kesehatan, kamu bisa memulainya dengan mengubah cara minum kopi. Alternatif lain, kamu bisa mencoba gemar minum teh yang kafeinnya lebih sedikit. Tunggu update artikel seputar kopi dan teh di website Gokomodo setiap harinya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin