Diterbitkan 19 Apr 2023

Sudahkah Rutin Melakukan Rotasi Ban? Berikut Cara dan Manfaatnya untuk Berkendara

Teknologi
manfaat rotasi ban

Ban merupakan komponen yang membantu mempermudah gerak pada kendaraan. Selain bentuknya yang bulat, ban juga bagian yang langsung menyentuh aspal. Jika ban terus menerus bergesekan dengan aspal, maka membuat ban cepat aus/halus. Tidak hanya ban aus, Inilah Alasannya Umur Ban Cepat Habis.

Meskipun bentuknya bulat, tidak semua bagian ban aus secara bersamaan dan merata. Ausnya ban bisa karena disebabkan oleh seringnya pengereman dan perbedaan penggunaan ban depan-belakang kendaraan. Jika ban dibiarkan saja, maka dapat mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Beberapa gangguan akibat ban aus antara lain laju kendaraan tidak seimbang, sulitnya mengerem ban, dan kurangnya daya cengkram ban dengan  aspal.

Salah satu solusi untuk ban aus yaitu melakukan rotasi ban. Rotasi ban adalah penukaran posisi ban pada kendaraan dengan tujuan meratakan keausan ban. Rotasi ban tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena berpengaruh pada fungsi ban. Akibatnya, stabilitas ban dan dapat mengubah ban menjadi tampungan air. Tak kalah penting juga sebelum merotasi ban untuk memperhatikan cara pemasangan ban. Pemasangan ban mode default ada dua, yaitu directional (ditandai dengan panah) dan asymmetrical (ditandai dengan tulisan outside-inside).

Inilah cara rotasi ban dengan benar:

  • Rotasi horisontal dengan cara menukar ban depan kanan dengan ban belakang kanan. Hal yang sama berlaku untuk ban sisi kiri
  • Rotasi diagonal dengan cara mengganti letak ban depan kanan dengan ban belakang kiri dan ban depan kiri dengan ban belakang kanan. 

Rotasi ban dapat dilakukan setiap 3-4 kali dalam satu tahun atau setiap 10.000 kilometer untuk pemakaian dengan kecepatan normal. Sedangkan untuk yang terbiasa berkendara dengan kecepatan tinggi, sebaiknya merotasi ban setiap 5.000 kilometer. 

Manfaat yang dapat dirasakan setelah rutin rotasi ban antara lain mencegah selip pada ban, mencegah ban supaya tidak gampang bocor, mempertahankan kerja dan daya cengkram ban, dan memperlambat periode pergantian ban. 

Untuk kenyamanan berkendara, kamu juga bisa mengimbangi rotasi ban dengan melukakukan spooring dan balancing. Jika mengalami kesulitan dalam rotasi ban, segera menghubungi bengkel terdekat. Pastikan untuk membeli ban berkualitas dengan harga miring melalui Corporate Commerce Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.