Diterbitkan 11 Aug 2023

Tantangan Konsumsi Buah di Indonesia

News
tantangan konsumsi buah

Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi ladang subur untuk budidaya buah-buahan. Buah hasil perkebunan di Indonesia kebanyakan buah tropis. Pada tahun 2022, produksi buah paling banyak di Indonesia yaitu pisang dengan jumlah total 9,6 juta ton. Selanjutnya disusul dengan buah mangga sejumlah 3,3 juta ton dan nanas sebanyak 3,2 juta ton – Kualitas Buah Perlu Ditingkatkan Guna Mendukung Kegiatan Ekspor. Meskipun hasilnya banyak, tentu saja masih banyak hal untuk perkebunan buah-buahan di Indonesia. 

Tantangan konsumsi buah di Indonesia

Banyaknya hasil kebun buah lantas tidak menjamin peminatnya juga banyak. Indonesia saat ini sedang mengalami tantangan konsumen buah dan sayur. Padahal, buah-buahan yang dihasilkan juga berkualitas, seperti pisang Sunpride dari Lampung, mangga harum manis, dan lainnya. Peran serat pada buah juga penting yaitu mencegah konstipasi dan mengurangi resiko obesitas. 

Harga buah yang relatif tinggi menjadi alasan utama mengapa sedikit sekali masyarakat yang mengkonsumsinya. Contohnya harga pisang Sunpride yang dijual di swalayan bisa mencapai Rp 26.000/kg. Harga tersebut lebih mahal daripada sebungkus nasi goreng, sehingga masyarakat lebih baik membeli nasi goreng daripada buah berkualitas. 

Masyarakat juga menilai menghidangkan buah tidak semudah memakan nasi dan lauk. Ketika memakan buah, otomatis kulit harus dikupas terlebih dahulu dan buah harus habis saat itu juga. Ditambah lagi sudah harganya mahal, buah pun juga cepat busuk. Padahal ada beberapa buah yang bisa tahan lama jika disimpan dengan benar di dalam kulkas – (link artikel menyimpan sayur dan buah di kulkas)

Mengetahui rendahnya konsumsi buah, pemerintah meluncurkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Melalui GERMAS, pemerintah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang gizi seimbang, dimana mengkonsumsi buah adalah hal yang wajib. 

Selain itu, Erick Thohir selaku Menteri BUMN mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi buah-buahan hasil perkebunan lokal. Ajakan ini merupakan bentuk kepedulian jerih payah petani Indonesia. 

Dari artikel ini, kita jadi tahu meskipun hasil buah-buahan nasional melimpah, tetap saja ada tantangan tersendiri yang perlu dihadapi. Jaga kesehatan dengan rutin makan buah dan sayur, ya. Dapatkan informasi seputar perkebunan Indonesia lebih banyak hanya di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin