Diterbitkan 24 Mar 2023

Tidak Boleh Sembarangan, Perhatikan Hal Ini Saat Menyiram Tanaman di Musim Kemarau

Tips / Tutorial

Menanam tanaman menjadi hobi bagi sebagian orang. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari menanam tanaman baik dirumah maupun di pekarangan sekitar, Ini yang Bisa Kamu Peroleh dengan Menanam Tanaman Organik di Rumah!. Dalam merawat tanaman, kamu perlu mengetahui cara menyiram tanaman yang tepat.

Air menjadi sumber kehidupan tanaman agar tetap subur dan produktif. Pada musim kemarau, persediaan air yang terbatas dan iklim yang panas serta lembab akan mempengaruhi kesuburan tanaman. Oleh karena itu, diperlukan penyiraman yang tepat agar kebutuhan air pada tanaman terpenuhi. Berikut indikator yang tepat saat melakukan penyiraman tanaman di musim kemarau.

Waktu yang tepat

Pada musim kemarau, idealnya penyiraman tanaman dilakukan sebanyak dua kali yaitu pada pagi dan sore hari. Pada waktu tersebut intensitas cahaya matahari tidak terlalu banyak sehingga penyerapan air dalam tanah lebih maksimal.

Menggunakan banyak air

Penelitian mengungkapkan bahwa menyiram tanaman dengan menggunakan sedikit lebih banyak air dalam satu waktu akan lebih efektif daripada menyiram dengan sedikit air dalam frekuensi sering. Namun, jumlah air tetap disesuaikan dengan jenis tanaman. 

Area penyiraman

Di musim kemarau penguapan air pada tanaman akan lebih banyak. Sebaiknya penyiraman tanaman dilakukan merata pada seluruh bagian tanaman. Penyiraman sebaiknya dilakukan mulai dari daun, batang, hingga akar. Jumlah air yang banyak saat penyiraman diharapkan akan menyisakan cadangan air pada tanaman saat proses penguapan.

Peralatan yang digunakan

Peralatan untuk penyiraman sangat berpengaruh dengan bagian tanaman yang terkena air. Salah satu peralatan yang sering digunakan untuk menyiram tanaman yaitu semprotan. Dengan menggunakan semprotan, penyiraman bisa dilakukan secara merata dan tidak akan merusak tanaman yang rapuh.

Tidak cukup dengan melakukan penyiraman dengan tepat, kamu juga perlu mengecek dan merawat kondisi tanaman pada saat musim kemarau secara intens. Dapatkan peralatan berkebun atau kebutuhan agrikulturmu di Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.