Diterbitkan 26 Sep 2023

Tidak Perlu Bingung, Berikut Penjelasan Tentang Mesin Genset Lengkap!

Teknologi
kerja mesin genset

Mesin genset merupakan alat yang memiliki kelebihan untuk mengolah energi kimia menjadi energi listrik. Genset seringkali dipakai untuk pasokan listrik ketika terjadi pemadaman. Tidak hanya rumah tangga, genset juga seringkali digunakan perusahaan besar dalam meminimalisir kerugian saat terjadinya pemadaman listrik. Kerugian dapat terjadi saat listrik mati akibat dari terhentinya kegiatan operasional dan penurunan efektivitas.

Komponen dan Mesin Kerja Genset

Mesin genset terdiri dua komponen vital yaitu mesin dan alternator. Mesin berfungsi mengubah bahan bakar menjadi energi mekanik sehingga membuat rotor berputar. Ketika rotor berkerja, medan magnet yang berada di antara rotor dan stator akan dikonversi menjadi listrik.

Sistem kerja mesin genset dikelompokkan berdasarkan arus listrik yang dihasilkan yaitu arus listrik AC dan DC. Arus listrik AC yang dihasilkan mesin genset biasa dipakai untuk mengoptimalkan peralatan elektronik rumah tangga. Sedangkan arus listrik DC dipakai untuk keperluan berkapasitas besar seperti kereta dan pengeboran minyak

Mengenal Mesin Genset berdasarkan Bahan Bakar

Mesin genset berdasarkan bahan bakar yang sering dijumpai ada dua yaitu mesin genset (generator set) diesel dan mesin genset bensin. Mesin genset diesel merupakan jenis mesin genset berbahan bakar solar. Melalui proses pembakaran, mesin genset diesel mengubah bahan bakar solar menjadi energi mekanik. Proses pembakaran menggunakan bahan bakar solar dimulai dengan kompresi udara pada mesin genset diesel sehingga tidak terdapat campuran udara dan bahan bakar di luar silinder.

Sedangkan, mesin genset bensin merupakan mesin genset berbahan bakar bensin. Proses pembakaran pada mesin genset bensin dimulai dengan adanya percikan api diantara celah busi yang dipicu oleh supply listrik bertegangan tinggi.

Apa Saja Perbedaan Mesin Genset Diesel dan Bensin?

Sebelum memilih produk mesin genset, pahami terlebih dahulu perbedaan jenis mesin genset bahan bakar bensin dan bahan bakar solar (diesel). Berikut penjelasannya:

a. Kebisingan, mesin genset bensin memiliki daya kebisingan yang lebih rendah daripada mesin genset solar. 

b. Performa, mesin genset bensin memiliki performa jenis mesin 4 tak yang biasa disebut horse power, sehingga memiliki daya lebih besar daripada mesin genset diesel. 

c. Konsumsi Bahan Bakar, dalam konsumsi bahan bakarnya, mesin genset bensin lebih murah dibandingkan dengan solar. Pada proses pembakaran, mesin genset tidak menimbulkan terlalu banyak asap bekas sehingga lebih ramah lingkungan.

d. Keamanan, Mesin genset bensin jauh lebih aman, hal ini dapat dilihat dari gas emisi yang dihasilkan. Pada proses pembakaran, mesin genset bensin menghasilkan sedikit asap,sedangkan mesin genset solar menghasilkan asap hitam tebal dan berpotensi mengandung zat berbahaya. 

Apa Itu Mesin Genset Inverter dan Open Type?

a. Mesin Genset Inverter

Mesin Genset inverter adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan listrik yang stabil dan berkualitas tinggi. Pada praktiknya, mesin genset ini menggunakan pengatur output daya berupa inverter untuk menstabilkan output volt sehingga listrik yang diterima menjadi lebih stabil.

Kelebihan dari mesin genset inverter yaitu tidak menimbulkan suara bising. Biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik cadangan bangunan rumah tangga. Sehingga mesin genset inverter jauh lebih nyaman dibandingkan genset konvensional. 

b. Mesin Genset Open Type

Bagian penutup mesin genset open type tidak dilengkapi dengan canopy atau box, sehingga suara yang dihasilkan oleh mesin genset open type cenderung berisik dan kencang. Akan lebih baik mesin genset open type di simpan pada ruangan yang kedap suara. 

Mesin genset open type kurang cocok jika digunakan sebagai cadangan energi listrik untuk bangunan kecil, karena memerlukan ruangan kosong kedap suara. Tetapi, lebih baik jika digunakan untuk bangunan besar seperti mall dan hotel karena lebih mudah melakukan perawatan dengan tipe mesin yang terbuka. 

Demi kelancaran usaha dan bisnis kamu. Ketahui terlebih dahulu tips membeli genset berkualitas agar lebih praktis dan menguntungkan pada artikel berikut Tips Beli Genset Berkualitas.

Memilih genset untuk kebutuhan memang bukanlah perkara yang mudah. Yuk, intip berbagai produk yang dapat kamu dapatkan dengan harga terjangkau dan berkualitas melalui website Corporate Commerce Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin