Diterbitkan 3 Jul 2023

Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Jenis Teh Ini

Lifestyle
Jenis Teh

Informasi terkait cara menjaga imunitas tubuh memang sangat penting diketahui. Sebab, dengan memiliki imunitas yang kuat, tubuh akan jauh lebih terlindungi dari berbagai masalah kesehatan yang mengancam.

Tak hanya mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh juga bisa dilakukan dengan meminum teh. Hal ini karena teh mengandung senyawa polifenol yang dapat menunda kerusakan oksidatif karena radikal bebas. 

Dengan konsumsi jenis teh secara rutin, asupan antioksidan akan meningkat dan imunitas tubuh akan lebih kuat. Penasaran apa saja teh yang bisa meningkatkan imunitas tubuh? Ini dia penjelasan selengkapnya!

Konsumsi Jenis Teh untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

1. Teh Kunyit  

Apakah kamu sudah pernah merasakan teh kunyit? Teh yang terbuat dari rimpang kunyit yang diseduh dengan air panas ini ternyata dapat membantu meningkatkan sistem imun kita.

Adanya senyawa kurkumin dalam kunyit dipercaya dapat mendukung sistem kekebalan dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Lebih lanjut, teh kunyit juga memiliki sifat antimikroba dan antivirus yang sering digunakan untuk meredakan gejala flu. 

2. Teh Putih  

Teh putih merupakan jenis teh yang berasal dari daun teh yang belum teroksidasi dan belum diawetkan. Dalam proses pembuatannya, daun teh akan dipanen saat usianya masih muda, lalu dikukus dan dikeringkan tanpa proses fermentasi.

Berdasarkan hasil penelitian, konsentrasi antioksidan dalam teh putih rupanya bisa mencegah penyakit kanker dengan cara melindungi kerusakan sel dari paparan radikal bebas.  

3. The Matcha  

Kamu pasti sudah tidak asing dengan teh matcha, bukan? Jenis teh dengan rasa yang khas dan mengandung tinggi antioksidan ini ternyata juga mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Teh matcha mengandung senyawa katekin, yaitu zat yang mampu mengurangi peradangan dengan melawan radikal bebas. Bahkan, kandungan katekin pada matcha bisa mencapai 137 kali lebih besar daripada teh hijau.  

3. Teh Kembang Sepatu  

Jenis teh terakhir yang juga bisa meningkatkan imunitas adalah teh kembang sepatu. Adanya kandungan antosianin pada teh inilah yang dipercaya mampu melindungi sel, jaringan, dan organ dengan cara memperkuat membran sel dari serangan radikal bebas.  

Itu dia 4 jenis teh yang dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi teh tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasilnya, namun jangan terlalu berlebihan. Baca artikel menarik lainnya di website Gokomodo, seperti 5 Daerah Penghasil Teh Terbesar di Indonesia

whatsapp
twitter
facebook
linkedin