Diterbitkan 18 Jul 2023

Tips Memilih Genset Rumah Tangga dan Rekomendasinya

Teknologi
genset rumah tangga

Di era serba digital ini, ketersediaan listrik merupakan suatu keharusan. Bisa dibayangkan akibat mati listrik semua orang tidak bisa beraktivitas baik itu di kantor maupun di rumah. Agar ketersediaan listrik tetap terjaga, genset menjadi alternatifnya.

Selama ini penggunaan genset dikenal hanya pada industri besar dan perkantoran saja. Padahal, ada genset berkapasitas kecil yang cocok digunakan untuk rumah tangga – Mengenal Kapasitas Genset dan Perbedaannya. Penggunaan genset dalam lingkup perumahan masih jarang ditemui sehingga ketika mati listrik aktivitas rumah menjadi terganggu. 

Tips memilih genset rumah tangga

Baru pertama kali membeli genset untuk rumah? Baca beberapa tips berikut:

a. Perhatikan space genset

Untuk keselamatan, genset tipe ini sebaiknya dipasang diluar rumah. Pastikan ada cukup tempat yang teduh dan aman untuk genset berikut dengan komponen lainnya seperti kabel. 

b. Pilih genset yang tidak terlalu berisik

Secara umum, genset dibagi menjadi dua yaitu open dan silent type. Genset yang diletakkan diluar rumah termasuk dalam open type. Genset open type tentu menghasilkan suara saat genset beroperasi. Jadi, pilihlah genset dengan suara yang halus dan tidak terlalu berisik

c. Pertimbangkan mesin dan bahan bakar genset

Tersedia dua jenis mesin pada genset, yaitu mesin 2 stroke dan 4 stroke. Genset 2 stroke membutuhkan bahan bakar yang rumit namun harganya lebih terjangkau dibandingkan mesin 4 stroke. Di sisi lain, mesin 4 stroke harus menggunakan bahan bakar murni alias tidak dicampur dengan bahan bakar lainnya. 

Genset yang baik menggunakan bahan bakar bensin. Jika dirasa terlalu mahal, solar bisa dijadikan bahan bakar alternatif genset. Tentunya performa genset dengan bensin dan solar berbeda, ya. 

Genset yang sesuai untuk rumah tangga yaitu genset dengan kapasitas 1-4 kVA, 8-10 kVA atau genset dengan daya 3000 watt. Dengan kapasitas genset tersebut, semua alat listrik pada rumah tangga dapat terpenuhi seperti mesin cuci, televisi, dispenser, AC, dan masih banyak lagi. 

Genset dengan merk Yanmar terkenal kualitasnya yang bagus. Yanmar menyediakan genset untuk rumah tangga mulai dari daya 3000 watt hingga kapasitas maksimal 12,5 kVA. Selain untuk rumah tangga, Yanmar menyediakan genset untuk industri dengan kapasitas 50-60 kVA.

Genset Yanmar bisa didapatkan secara resmi melalui Corporate Commerce Gokomodo. Jika tidak menemukan genset yang dicari, silahkan mengajukan permintaan tersendiri melalui website Corporate Commerce Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.