Diterbitkan 28 Jun 2023

Tips Menghitung dan Menghemat Genset Solar

Teknologi
genset solar

Bahan bakar genset diperlukan agar genset tetap bekerja dengan baik. Bahkan, kamu juga perlu menyediakan bahan bakar cadangan untuk berjaga-jaga. Ada beragam bahan bakar genset yang bisa kamu gunakan – Mengetahui 4 Macam Bahan Bakar Untuk Genset

Pastikan kamu memilih genset dengan bahan bakar yang mudah dicari, seperti solar. Selanjutnya, kamu juga perlu memikirkan berapa banyak bahan bakar yang diperlukan agar genset bekerja dengan baik.

Jumlah bahan bakar untuk genset

Solar memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan bensin. Meskipun harganya terjangkau, kamu perlu berhemat dalam penggunaannya. Salah satu cara untuk menghematnya yaitu dengan memperhitungkan jumlah solar. Biasanya, rata-rata konsumsi solar sebanyak 12 liter untuk pemakaian 1 jam. Untuk menghitung jumlah solar yang diperlukan untuk genset, kamu dapat menggunakan rumus:

0,21 x P x T

dengan 0,21 merupakan ketetapan penggunaan solar per watt per jamnya, P adalah kapasitas genset (kVA), dan T adalah lamanya genset menyala. Agar solar tidak terlalu banyak terpakai, pastikan genset bekerja tidak melebihi kapasitas yang seharusnya. Penggunaan ringan saja bisa memakan 20% solar yang ada. 

Memang solar bukan jenis bahan bakar yang terbaik, namun untuk genset dan efisiensi biaya, solar juaranya. Agar genset tetap aman, sebaiknya hindari mencampur solar dengan bahan bakar lainnya. Tidak ada salahnya mengecek kemurnian solar maupun bahan bakar lainnya dengan menggunakan cetane number.

Selain kemurnian, kebersihan tangki bahan bakar genset juga perlu diperhatikan. Cara menjaga kebersihan tangki dengan cara mengurasnya sebelum pengisian bahan bakar. Jika tidak dibersihkan, sisa solar bisa saja mengendap pada tangki dan bisa menimbulkan kerusakan.

Menghemat pemakaian BBM dan melakukan perawatan genset yang benar bisa meringankan biaya maintenance genset. Gokomodo membantu menemukan toko yang menyediakan berbagai macam genset bergaransi resmi dengan harga terjangkau serta mudah dalam perawatannya. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengunjungi Corporate Commerce Gokomodo. Nah, jika kamu tertarik dengan tips seputar alat elektronik lainnya, jangan lupa kunjungi website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin