Diterbitkan 5 Jun 2024

Unsur Apa Saja Yang Terkandung Dalam NPK? Coba Intip Dikit Artikel Di bawah Ini

Agri Edu
Unsur NPK

Unsur NPK merupakan unsur-unsur yang sangat penting bagi tanaman sehingga pemberian pupuk NPK juga harus diberikan secara tepat. Pupuk NPK ini termasuk pupuk majemuk karena mengandung tiga unsur sekaligus yaitu N (Nitrogen), P (Phospat), dan, K (Kalium) – Kekurangan Unsur NPK Berpengaruh pada Pertumbuhan Tanaman. Koq Bisa?

Pemberian pupuk NPK mampu membantu pertumbuhan vegetatif, pertumbuhan akar, dan pembungaan. Namun untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, petani harus mengaplikasikan pupuk NPK tersebut dengan tepat, simak ulasan lengkapnya berikut.

Manfaat Pupuk NPK

1. Manfaat Pupuk NPK dari Unsur Nitrogen

Unsur Nitrogen menyusun sekitar 1 hingga 5 persen dari berat tumbuhan sehingga menjadi unsur hara yang paling banyak dibutuhkan tanaman. Pemberian unsur Nitrogen dari pupuk NPK dapat memberikan warna hijau daun yang lebih baik yang akan mengoptimalkan proses fotosintesis.

Selain penting untuk klorofil, nitrogen juga mampu membantu produksi daun sehingga sangat dianjurkan untuk aneka tanaman sayur seperti sawi, bayam, dan kangkung. Nitrogen yang menjadi komponen utama asam amino juga akan membentuk protein yang dibutuhkan tanaman agar tetap hidup sehat.

2. Manfaat Pupuk NPK dari Unsur Phospat

Untuk dapat tumbuh dan bereproduksi dengan baik, unsur Phospat menjadi unsur hara makro primer yang sangat dibutuhkan tanaman. Phospat akan membantu merangsang pertumbuhan akar baru sehingga tanaman mampu menyerap unsur hara lebih optimal.

Pemberian unsur Phospat juga akan membantu memperkuat batang tumbuhan sehingga tanaman tidak mudah roboh atau rebah saat terkena angin atau hujan. Phospat juga cukup ampuh dalam merangsang pembentukan bunga dan buah sehingga dapat mempercepat proses pematangan buah.

3. Manfaat Pupuk NPK dari Unsur Kalium

Keberadaan Kalium bagi tanaman memang sangat penting karena unsur Kalium berfungsi sebagai aktivator lebih dari 80 enzim. Tanpa Kalium, tanaman akan tumbuh lebih kecil dan pucat sehingga kualitas hasil panen akan menurun.

Pemberian Kalium penting untuk meningkatkan ketahanan tumbuhan baik dalam melawan hama, penyakit, maupun kondisi lingkungan. Untuk menyalurkan hasil fotosintesis, Kalium berfungsi untuk memacu translokasi karbohidrat dari daun ke organ tanaman lain. Misalnya pada organ tanaman penyimpan karbohidrat seperti umbi-umbian dengan lebih optimal.

Cara Mengaplikasikan Pupuk NPK

1. Dengan Cara Ditabur

Jika ingin mengaplikasikan pupuk NPK dengan cara ditabur, buatlah parit kecil di sekitar tanaman. Taburkan bulir pupuk dengan rata pada parit tersebut dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan sesuai dengan usia tanam. Jika sudah selesai, tutup parit tersebut dengan tanah agar pupuk dapat tertimbun sempurna.

2. Dengan Cara Disiram

Ada beberapa dosis yang dianjurkan untuk membuat larutan pupuk NPK, seperti dengan melarutkan satu sendok pupuk NPK pada 3 liter air. Setelah larut, siramkan paling tidak setengah gayung untuk masing-masing tanaman dengan menyiram di tanah sekitar tanaman. Pilihan lainnya yakni dengan melarutkan pada 5 liter air atau menyesuaikan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

Mengetahui manfaat pupuk NPK tentu sangat diperlukan agar kamu menyadari bahwa pemberian pupuk NPK pada tanaman sangat penting. Selain itu, pengetahuan mengenai cara pengaplikasian pupuk ini juga harus dipahami dengan baik agar penggunaannya menjadi lebih optimal.

Mencari pupuk NPK tidaklah sulit. Kamu bisa membeli secara langsung di toko pertanian sekitar atau pergi ke GokoMart terdekat untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik. Kunjungi GokoMart Bodok, GokoMart Muara Telang, dan GokoMart Nanga Tayap sekarang!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.