Diterbitkan 10 Nov 2023

10 November 2023: Hari Pahlawan untuk Petani Indonesia

Agri Edu
Petani Indonesia

Hari Pahlawan merupakan hari nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, yang diperingati  tanggal 10 November setiap tahunnya di Indonesia. Hari Pahlawan Nasional ini merujuk pada puncak perlawanan rakyat Indonesia pada pertempuran Surabaya yang pecah pada 10 November 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Awal mula hari pahlawan

Pertempuran Surabaya ini disebabkan karena datangnya pasukan sekutu yang berisikan tentara Inggris dan Belanda. Pasukan tersebut dikenal sebagai NICA yang mulai masuk ke Kota Surabaya pada 25 Oktober 1945. Sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang untuk mengusir Inggris, maka pada tahun 1959, pemerintah menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Hal tersebut tertuang pada Keputusan Presiden tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur dan ditandatangani oleh Presiden Soekarno. Diperingatinya Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November bukan tanpa alasan. Peringatan tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan di pertempuran Surabaya pada tanggal 10 November 1945 silam.

Petani Indonesia sebagai pahlawan bangsa

Saat ini, sebutan pahlawan layak diberikan kepada orang yang mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga serta berjuang dengan gagah berani membela kepentingan bangsa mereka. Menjadikan kaum tani sebagai pahlawan atas usaha mereka yang gigih menyediakan pangan dan menjalankan roda perekonomian negara tidaklah berlebihan.

Mengingat kunci dari kemandirian suatu bangsa ialah berpijak pada kekuatan dan ketahanan pangan mereka. Melalui formula kebijakan yang tepat, Indonesia sebagai negara yang diberkati sumber daya alam melimpah memiliki peluang besar menjadikan pertanian sebagai leader perekonomian.

Ketika dunia lockdown akibat pandemi dan resesi global semua negara menjadi khawatir akan pangan. Kondisi ini berpengaruh pada krisis energi, pangan, dan keuangan dunia, kaum tani di seluruh sistem pangan kita tetap bekerja keras. Mereka tetap gigih ke medan juang di sawah, di ladang, sampai ke pasar untuk memasok kebutuhan pangan dan bahan pokok masyarakat.

Perjuangan yang tak ternilai bagi bangsa Indonesia, sehingga sudah selayaknnya petani Indonesia menjadi pahlawan di negerinya sendiri. Itulah sekilas petani Indonesia yang menjadi sosok penting dibalik layar ketahanan pangan. Baca artikel lainnya di website Gokomodo, ya! – Peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon, Langkah Nyata Lestarikan Lingkungan

whatsapp
twitter
facebook
linkedin