Diterbitkan 3 Nov 2023

4 Langkah Mudah Mengasah Gunting Tanaman

Agri Edu
gunting tanaman

Gunting tanaman juga termasuk alat penting dalam berkebun. Dalam artikel sebelumnya 5 Alat Semprotan Tanaman yang Wajib Kamu Tahu! disebutkan bahwa alat pertanian dasar yang biasa digunakan dalam berkebun diantaranya, sarung tangan, sekop, gembor, garpu taman, cangkul, gunting, dan semprotan. Kamu dapat memilih alat-alat pertanian yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi untuk berkebun. Kali ini, artikel dibawah akan membahas salah satu dari beragam alat diatas, yaitu gunting.

Apa itu gunting tanaman?

Secara definisi, gunting adalah alat pemotong dengan ketajaman dua sisi yang dipakai menggunakan tangan. Pemotongan pada gunting terjadi karena adanya tekanan bersebelahan pada benda yang dipotong. Berarti definisi gunting adalah alat yang digunakan untuk memotong. Penggunaan gunting diperlukan untuk merapikan tampilan tanaman, memotong ranting dan daun pada tanaman, membentuk tanaman, memotong bagian tanaman yang terkena penyakit, stek, bunga, dll.

Sumber: My Best

Cara mudah mengasah gunting tanaman dengan tepat!

Gunting tanaman merupakan salah satu alat pertanian yang berperan penting dalam kegiatan berkebun. Sehingga kondisi gunting harus selalu tajam agar mudah saat digunakan untuk memotong ranting tanaman yang keras. Gunting yang tajam membuat hasil potongan menjadi rapi dan tidak menyebabkan kerusakan. Berikut ini merupakan alat bahan yang perlu disiapkan dan cara mengasah gunting yang tepat. Simak penjelasannya dibawah ini.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan diantaranya adalah kunci pas, amplas lap, alkohol, air panas, sabun, alat pengasah, wol baja, pelarut karat, dan  oli. Sementara itu, step-step cara mudah mengasah gunting taman yaitu membongkar, membersihkan, mengasah, memasang kembali, dan memberikan minyak pelumas.

Sebagai informasi, melakukan pengasahan pada gunting memang tergolong cukup mudah. Akan tetapi, kamu harus melakukannya dengan dengan hati-hati sebagai bentuk penncegahan terjadinya kecelakaan kerja. Simak cara mudah mengasah gunting yang tepat  berikut. Selamat membaca!

Bongkar gunting tanaman

Step pertama adalah gunakan meja datar saat melakukan pembongkaran gunting agar baut dan komponen lain tidak mudah menggelinding. Kedua, bongkar gunting dengan cara mengendurkan bautnya. Cara mudahnya adalah dengan memutar kunci berlawanan arah jarum jam sampai baut terlepas. Ketiga, kumpulkan baut-baut yang sudah terlepas dan pastikan kamu menyimpan baut berdasarkan urutan pemasangannya. Hal ini dilakukan agar mudah saat memasang bautnya kembali.. 

Bersihkan seluruh bagian gunting setelah dibongkar

Seluruh bagian sisi gunting tanaman perlu dibersihkan dari sisa tanaman, getah, atau kotoran lain yang masih menempel. Kotoran-kotoran yang menempel pada gunting adalah penyebab gunting menjadi tidak tajam dan sulit saat digunakan. Manfaatkan air sabun yang dicampur dengan air panas untuk mengatasinya. Kemudian gunakan lap untuk mengangkat noda yang menempel sampai bersih. Gunakan alkohol jika yang menempel pada gunting adalah getah, dan bersihkan. Apabila terdapat karat, kamu bisa menggunakan sabut baja dan pelarut yang bisa membersihkan karat. Lalu menggosoknya sampai karat tersebut hilang. Setelah semuanya bersih, bilas seluruh bagian sisi gunting dengan air, lalu keringkan.

Asah bilah gunting tanaman

Alat pengasah gunting dapat kamu gunakan untuk mempertajam gunting. Alternatif lain, bagian tepi gunting dapat ditajamkan menggunakan amplas. Sebaiknya, pengasahan dilakukan secara perlahan dan hati-hati. Proses pengasahan memerlukan waktu yang cukup lama. Selama mengasah, lakukan pengecekan berulang untuk memastikan seluruh bagian pada gunting sudah tajam.

Memberi minyak pelumas dan memasang kembali seluruh komponen gunting tanaman

Minyak pelumas diperlukan agar gunting memberikan kenyamanan saat digunakan. Setelah seluruh bagian sudah diberi pelumas, pasang kembali baut dan komponen lain. Kemudian kencangkan agar gunting dapat digunakan kembali.

Demikian 4 langkah cara mudah mengasah gunting tanaman dengan tepat! Next kita akan bahas alat pertanian lainnya untuk memudahkan kamu melakukan kegiatan berkebun dengan nyaman dan produktif. Temukan informasi dan alat-alat pertanian yang sesuai dengan kebutuhanmu hanya di website GokoBiz lengkap dan berkualitas. Segera kunjungi halaman websitenya dan selamat berselancar! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin