Diterbitkan 2 Nov 2023

5 Alat Semprotan Tanaman yang Wajib Kamu Tahu!

Agri Edu
semprotan tanaman

Merawat kebun merupakan aktivitas yang menyenangkan jika menggunakan peralatan pertanian modern yang memadai. Peralatan pertanian yang memadai membuat aktivitas berkebun menjadi lebih mudah dan produktif sehingga menciptakan kenyamanan, keleluasaan, serta efisiensi dalam berkebun.

Alat pertanian dasar yang biasa digunakan dalam berkebun diantaranya, sarung tangan, sekop, gembor, garpu taman, cangkul, gunting, dan semprotan. Kamu dapat memilih alat-alat pertanian yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi untuk berkebun. Artikel ini akan membahas salah satu dari beragam alat diatas, yaitu semprotan tanaman.

Apa itu semprotan tanaman?

Semprotan tanaman (sprayer) adalah alat pertanian yang berfungsi untuk menyemprotkan pupuk cair atau pestisida alami. Cara kerja semprotan adalah dengan memecah suatu cairan, larutan atau suspense menjadi butiran cairan (droplets) atau spray. Semprotan menjadi salah satu solusi yang efektif dan efisien dalam memelihara tanaman, memudahkan perawatan tanaman dalam memberikan nutrisi, serta melindungi tanaman dari hama. 

Sumber: Checklist

Tanaman yang terkena penyakit atau serangan hama dapat memengaruhi kualitas dan jumlah hasil panen, sehingga penggunaan alat semprotan digunakan sebagai alternatif pencegah hama untuk membantu meminimalkan kerugian produksi tanaman. 

7 alat semprotan tanaman pertanian 

Alat semprot pertanian terdiri dari dua jenis, yaitu manual dan menggunakan mesin. berikut ulasannya : 

  1. Hand sprayer (alat semprotan tangan) adalah alat semprotan manual yang biasa digunakan untuk menyiram atau semprot hama pada tumbuhan. Cara memakainya hanya perlu menekan tuas alat, lalu cairan dapat dikeluarkan. Alat ini lebih ekonomis, namun memakan waktu dan tenaga lebih banyak saat penyemprotan. Hand sprayer cocok digunakan pada lahan pertanian yang ukurannya lebih kecil. 
  2. Alat Semprot Udara (Aerial Sprayer), merupakan alat semprotan menggunakan pesawat. Alat semprot ini sangat cocok untuk lahan pertanian yang sangat luas. Memiliki keunggulan dalam efisiensi dan kecepatan, karena dapat menyemprot dengan cepat dan efisien. 
  3. Alat semprotan tanaman tenaga surya, merupakan alat semprotan yang menggunakan bahan limbah accu sepeda motor, tangki semprot bekas bermodel pompa, dan besi bekas sebagai penopang tangki semprot.
  4. Foggers menjadi salah satu alat semprot yang sering digunakan juga untuk tipe alat yang menggunakan tenaga mesin. Cara kerja nya dengan memberi nutrisi atau cairan obat pada tanaman dengan lebih lembut, efisien dan aman lingkungan, karena tidak memengaruhi lingkungan secara negatif. 
  5. Alat Semprot Traktor (Tractor Sprayer), merupakan alat semprotan tanaman yang digunakan pada lahan perkebunan dengan skala besar. Memiliki sistem semprot yang kuat dan berkapasitas besar, sehingga proses penyemprotan pada lahan pertanian yang luas dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. 

Dari macam-macam alat semprotan di atas, mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu? Pastikan memilih alat semprotan yang memudahkan pekerjaan kamuagar lebih hemat tenaga dan waktu. Temukan segera lat semprotan tanaman pilihan kamu dengan mengunjungi website GokoBiz lengkap dan berkualitas. Simak informasi terkait teknologi – 4 Cara Tepat Memilih Aki Mobil Terbaik berikut.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin