Diterbitkan 1 Jul 2024

4 Tips Mudah Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot di Perkotaan

Tips / Tutorial
Tanaman Buah Dalam Pot

Tanaman buah dalam pot sering disebut tabulampot oleh masyarakat Indonesia. Tabulampot sendiri menjadi solusi budidaya tanaman buah yang dilakukan di dalam pot. Cara budidaya tanaman buah dengan menggunakan pot telah banyak dilakukan di daerah perkotaan, dimana lahan untuk berkebun mulai terbatas. Nah, sebenarnya banyak alasan mendasari mengapa budidaya tanaman buah mulai diminati. Apa saja sih alasannya?

1. Cocok untuk Pemula

Sumber: Richard Jackson Garden

Menanam buah di dalam pot tidaklah serumit menanam buah di lahannya langsung. Effort yang dikeluarkan juga tidak perlu banyak. Jadi, untuk para pemula cocok banget nih kalau mulai budidaya buah di dalam pot. Contoh budidaya tanaman buah yang paling mudah seperti Ini Caranya Budidaya Tanaman Tomat di Pot dan Polybag!

2. Menyehatkan Lingkungan Rumah

Jangan salah, tidak hanya tanaman hias saja yang dapat mewarnai dan menyehatkan setiap sudut rumah. Jika memutuskan untuk budidaya buah di dalam pot, sudah otomatis ikut menyehatkan rumah, lho. Keindahan dari buah di dalam pot dapat membuat pikiran menjadi tenang dan damai. Selain itu, dari buah di dalam pot juga menyumbang oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis sehingga udara terasa sejuk di rumah.

3. Membantu Menghemat Pengeluaran

Budidaya buah di dalam pot ternyata membantu menghemat pengeluaran untuk membeli buah. Kok bisa? Dari hasil panen buah saja bisa untuk memenuhi kebutuhan buah sehari-hari. Dalam proses menghasilkan buah, tanaman buah di dalam pot tidak memerlukan banyak air dan pupuk, lho. Air akan menguap lebih sedikit dibandingkan budidaya tanaman buah di lapangan, sehingga tidak perlu sering-sering disiram.

Karena ukurannya yang tidak telrlau besar, tanaman buah di dalam pot juga tidak membutuhkan terlalu banyak pupuk kimia. Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa gunakan pupuk organik dari sampah sisa makanan atau tumbuhan, misalnya cangkang telur, kulit bawang merah, dan masih banyak lagi bahan yang dapat digunakan sebagai pupuk organik. 

4. Bisa Dijadikan Penghasilan Tambahan

Pernah berfikiran hasil buah dalam pot selain dikonsumsi sendiri dan dibagikan ke tentangga, enaknya dibuat apa ya? Coba deh jualkan dengan cara menitipkannya ke penjual snack atau penjual buah di dekat rumah. Jangan lupa berikan edukasi keunggulan buah hasil tanaman buah dalam pot aman dikonsumsi dan lebih sehat karena tidak terlalu banyak terpapar dengan zat kimia. Ya, meskipun hasilnya tidak cukup banyak tapi cukup lah untuk menambah uang belanja dapur.

5. Alternatif Hidup Sehat

Sumber: House Beautiful

Menanam buah di dalam pot bisa lebih sehat dibandingkan dengan membelinya di toko buah. Kenapa? Tanaman buah yang ditanam di rumah dapat dikontrol penggunaan pestisida dan pupuk, sehingga minim residu menempel pada buah. Jika tanaman buahnya tidak terlalu banyak, bisa juga menggunakan pupuk dan pestisida organik agar buah yang dihasilkan lebih sehat dan minim paparan zat kimia dari pupuk dan pestisida. Sehingga, mengkonsumsi buah organik hasil tanaman buah di dalam pot bisa djiadikan langkah awal untuk hidup lebih sehat.

Kira-kira alasan apa yang membuat tanaman buah di dalam pot digemari oleh orang-orang saat ini? Coba yuk cari tahu tentang budidaya buah di dalam pot, budidaya hidroponik, dan cara budidaya lainnya hanya di blog Gokomodo. Catat ya, artikel blog Gokomodo update setiap hari dan pastikan tidak ketinggalan informasi terbaru!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin