Diterbitkan 9 Jan 2024

5 Jenis Pupuk untuk Pertumbuhan Fase Vegetatif Tanaman

Agri Edu
pupuk untuk pertumbuhan

Secara umum, tanaman akan mengalami dua fase kehidupan, yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Fase vegetatif merupakan fase awal pertumbuhan tanaman yang dimulai dari tahap perkecambahan benih, hingga pembentukan akar, batang, dan daun. Sementara itu fase generatif merupakan fase tanaman mulai bereproduksi, yang ditandai dengan munculnya bunga, dan akhirnya menghasilkan buah.

Pada fase vegetatif atau pertumbuhan, tanaman membutuhkan nutrisi berupa unsur hara Nitrogen (N) dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, pada fase generatif, tanaman akan lebih banyak membutuhkan nutrisi berupa unsur hara Fosfor (P) dan Kalium (K).

Kebutuhan unsur hara dapat dicukupi dengan pemberian pupuk sesuai fase yang dialami tanaman. Nah, berikut adalah beberapa produk pupuk yang bisa kamu aplikasikan pada fase vegetatif. Secara umum, fase awal pertumbuhan tanaman dapat ditunjang dengan pemberian pupuk NPK dengan tambahan kandungan Kalsium, Magnesium, Boron, Zinc, dan Mangan. Berikut adalah beberapa produk yang bisa kamu pilih.

Sumber: Tanjung Maru

Rekomendasi Pupuk Untuk Pertumbuhan

1. HX DAP

  • Komposisi: N (Nitrogen) 18% dan P2O5 (Phosphate) 46%
  • Bentuk dan warna butiran: Granul coklat muda dan hitam

HX-DAP merupakan pupuk tunggal yang berbentuk butiran granul dengan warna coklat muda dan hitam. Pupuk ini mengandung unsur hara Nitrogen 18% dan Phosphate 46% yang bermanfaat untuk memacu pertumbuhan akar selama fase vegetatif. Selain itu, pupuk ini juga dapat memacu pembentukan bunga dan meningkatkan kualitas buah pada fase generatif.  

2. Cakra Pandawa NP

  • Komposisi: N (Nitrogen) 20%, P2O5 (Phosphate) 10%, Zn (Zinc) 1%, dan B (Boron) 0,5%
  • Bentuk dan warna butiran: Granul hitam

Berikutnya ada pupuk Cakra Pandawa NP yang mengandung unsur hara N 20%, P205 10%,  Zn 1 %, dan B 0,5%. Pupuk ini mampu memacu dan mempercepat pertumbuhan vegetatif tanaman, serta dapat meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama maupun penyakit.

3. NPK Gold DGW 16-10-18

  • Komposisi: N (Nitrogen) 16%, P2O5 (Phosphate) 10%, K2O (Kalium) 18%
  • Bentuk dan warna butiran: Granul cokelat, merah, dan putih

Berikutnya adalah pupuk NPK GOLD DGW 16-10-18. Pupuk jenis ini telah diproduksi dengan teknologi AVAIL dan Nutrisphere-N yang mampu meningkatkan penyerapan unsur P dan N bagi tanaman. Dengan demikian, pupuk ini sangat cocok untuk merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman.

4. HX AS

  • Komposisi:  N (Nitrogen) 21%, S (Sulfur) 24%
  • Bentuk & Warna Butiran: Kristal putih

Pupuk HX AS merupakan pupuk tunggal ZA (Amonium Sulfat) yang mengandung unsur hara Nitrogen 21% dan Sulfur 24%. Pupuk dengan bentuk butiran kristal berwarna putih ini mampu merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman, serta meningkatkan ukuran buah dan kualitas mutu seperti aroma, rasa, dan warna buah. 

5. CROPFAST 16-16-16+TE

  • Komposisi: N (Nitrogen) 16%, P2O5 (Phosphate) 16%, K2O (Kalium) 16%, MgO (Magnesium), CaO (Calsium), Zn (Zink), B (Boron)
  • Bentuk dan warna butiran: serbuk hijau

Selanjutnya ada pupuk daun CROPFAST 16-16-16+TE yang berbentuk serbuk hijau dengan kandungan unsur hara N 16%, P2O5 16%, K2O 16%, MgO, CaO, Zn, dan B. Pupuk jenis ini mampu mempercepat pertumbuhan vegetatif tanaman, seperti tunas dan anakan,  serta memacu pembentukan bunga pada fase generatif.

Itu dia 5 produk pupuk untuk pertumbuhan tanaman fase vegetatif yang bisa kamu pilih. Baca juga artikel seputar pupuk di website Gokomodo, seperti Mengenal Pupuk MOP, Manfaat dan Penggunaannya dalam Pertanian. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin