Diterbitkan 9 Oct 2023

5 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Lifestyle
Manfaat buah mangga

Di musim mangga seperti sekarang, konsumsi buah ini tentu meningkat pesat. Tak hanya orang dewasa, buah mangga juga menjadi favorit anak-anak karena memiliki rasa yang manis. Selain itu, mangga juga bisa diolah menjadi berbagai sajian, sehingga tidak akan membuat bosan siapapun yang memakannya.

Namun, tahukah kamu apa saja nutrisi yang terkandung di dalam buah satu ini? Ditinjau dari segi kesehatan, apakah kamu juga tahu apa saja manfaat mengonsumsi buah mangga? Nah, jika kamu belum tahu, kali ini Gokomodo akan menjelaskan semua hal di atas. Simak dengan baik artikel berikut ini, yuk!

Nutrisi dalam Buah Mangga

Kelezatan dalam buah mangga tak lepas dari kandungan nutrisinya yang penuh gizi. Sebagai contoh, pada sebuah mangga yang memiliki berat 165 gram, kandungan nutrisi di dalamnya terdiri dari:  

  • Kalori sebesar 99 kkal. 
  • Protein sebesar 1,4 gram.
  • Karbohidrat sebesar 24,7 gram.
  • Lemak sebesar 0,6 gram.
  • Serat sebesar 2,6 gram.
  • Gula sebesar 22,5 gram.
  • Vitamin C sebesar 67 persen dari angka kebutuhan harian (DV). 
  • Vitamin B6 sebesar 12 persen dari DV. 
  • Vitamin K sebesar 6 persen dari DV.
  • Vitamin A sebesar 10 persen DV.
  • Vitamin E sebesar 10 persen dari DV.
  • Tembaga sebesar 20 persen dari DV. 
  • Folat sebesar 18 persen dari DV. 
  • Niasin sebesar 7 persen dari DV.
  • Kalium sebesar 6 persen dari DV. 
  • Magnesium sebesar 4 persen dari DV.
  • Tiamin sebesar 4 persen dari DV.
  • Riboflavin sebesar 5 persen dari DV. 

Dari gambaran kandungan nutrisi di atas, 165 gram mangga segar akan menyediakan sekitar 67 persen vitamin C untuk kebutuhan harian. Vitamin ini penting dikonsumsi tubuh karena akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan sel, serta membantu tubuh menyerap zat besi dengan baik.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Sumber: IStock

Dari kandungan nutrisi buah mangga di atas, tentunya buah satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah penjelasan selengkapnya. 

1. Manfaat Buah Mangga untuk Meningkatkan Imun Tubuh 

Kandungan vitamin A pada buah mangga sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena vitamin A memiliki fungsi penting dalam menurunkan risiko infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C juga membantu tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk melawan penyakit dan membantu sel-sel lain di tubuh untuk bekerja lebih efektif.

2. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain meningkatkan imunitas tubuh, buah mangga juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini tentu saja karena mangga mengandung senyawa amilase dan kaya akan serat makanan. Senyawa amilase tersebut akan membantu memecah pati dan melarutkan makanan lain di perut, sehingga dapat mencegah sembelit.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan polifenol pada buah mangga juga membuat buah yang satu ini memiliki sifat antikanker. Polifenol akan berperan sebagai pelindung tubuh dari stres oksidatif yang berkaitan dengan berbagai jenis kanker.

Dalam hal ini, senyawa polifenol pada buah mangga akan mengurangi stres oksidatif dan menghancurkan atau menghentikan pertumbuhan berbagai sel kanker. Dengan demikian, konsumsi mangga dalam jumlah cukup akan membantu mencegah penyakit kanker seperti kanker usus besar.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Konsumsi buah mangga juga dianjurkan karena dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena buah mangga memiliki kandungan magnesium dan potasium yang bisa membantu menjaga aliran darah tetap sehat.

Kedua kandungan nutrisi tersebut juga sekaligus membantu pembuluh darah agar tetap rileks sehingga mampu menstabilkan tekanan darah. Adanya senyawa Mangiferin juga bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung.  

Mangiferin merupakan senyawa khas pada buah mangga yang dapat melindungi sel-sel jantung dari peradangan, stres oksidatif, maupun kematian sel. Senyawa ini juga dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol, dan asam lemak dalam darah. 

5. Memiliki Potensi Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah mangga yang lainnya adalah memiliki potensi untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena mangga mengandung sejumlah senyawa penting, seperti polifenol, lutein, dan zeaxanthin. Kandungan nutrisi tersebut bertindak sebagai tabir surya alami yang menyerap cahaya berlebih di dalam retina.

Selain itu, mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik untuk mendukung kesehatan mata. Apabila asupan vitamin A kurang, maka mata akan lebih mudah kering dan bisa menyebabkan kebutaan malam hari. 

Itu dia kandungan nutrisi pada mangga beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Konsumsi buah satu ini dengan kadar yang cukup agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal. Baca juga Begini Tahapan Budidaya Mangga yang Penting Diketahui! apabila kamu tertarik menamannya sendiri.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.