Diterbitkan 1 Jul 2024

5 Pohon Buah yang Menguntungkan, Cocok Jadi Sumber Cuan

Agri Edu
Pohon Buah

Dunia agribisnis seakan tidak akan habis sebagai sumber penghasilan dengan berbagai pilihan jenis tanaman dan aneka terobosan baru. Salah satu yang dapat menjadi pilihan untuk mendatangkan cuan adalah budidaya pohon buah. 

Ada banyak komoditas buah yang dibutuhkan masyarakat, bahkan menjadi tren beberapa tahun belakangan. Berikut 5 rekomendasi pohon buah dengan prospek bisnis yang bagus dan cara tanamnya yang cukup sederhana.

Pohon Buah Sumber Cuan 

1. Mangga

Sebagai buah musiman, mangga memang menjadi salah satu komoditas buah yang akan selalu dinanti masa berbuahnya. Bahkan beberapa tahun belakangan mangga diprediksi menjadi buah yang memiliki prospek bisnis bagus dengan kompetitor yang relatif rendah.

Sumber: iStock

Kondisi ini disebabkan karena mangga Indonesia belum bisa sepenuhnya memenuhi aspek seperti mangga impor. Maka diperlukan petani lokal yang dapat memproduksi mangga yang berkualitas dalam berbagai aspek. Mulai dari segi aroma, tekstur, hingga brick atau tingkat kemanisan yang biasanya berhubungan dengan jenisnya seperti arumanis dan gedong.

2. Apel

Meski keberadaannya sangat mudah dijumpai sepanjang tahun, ternyata apel masih memiliki kedudukan yang tinggi diantara buah lainnya. Ini karena menurut beberapa kepercayaan, apel melambangkan keberuntungan dan kekayaan sehingga sering hadir dalam berbagai acara penting.

Pohon Buah Apel
Sumber: iStock

Penggemar buah apel juga cukup banyak dan sering digunakan sebagai pilihan untuk memenuhi kebutuhan harian bagi pegiat diet sehat. Sayangnya, varietas apel tertentu hanya tumbuh dengan baik di sebagian wilayah Korea dan Jepang. Meski demikian, bukan berarti petani lokal tidak dapat mengusahakannya untuk dapat bersaing dengan produk impor.

3. Alpukat

Gaung gaya hidup sehat memang sedikit banyak membuat alpukat menjadi incaran sebagai sumber lemak tak jenuh. Permintaan pasar terhadap komoditas alpukat yang cukup besar ini belum dapat dipenuhi oleh pasar lokal. Secara kualitas, alpukat di Indonesia bahkan belum memenuhi ekspektasi pasar secara umum terutama untuk industri.

Sumber: iStock

Beberapa jenis alpukat diantaranya yaitu miki, wina, hass, aligator, dan lainnya yang hanya dapat tumbuh di daerah tertentu. Banyak pula yang masih mengandalkan pasokan impor seperti alpukat hass sehingga diharapkan petani Indonesia dapat mengambil peluang ini. Tentu petani lokal harus memperhatikan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas untuk bersaing.

4. Durian 

Durian pasti selalu masuk dalam daftar pohon buah menguntungkan karena prospek yang dimiliki buah satu ini cukup tinggi. Si raja buah ini selalu memiliki tren setiap tahunnya yang dinantikan bagi para penggemarnya, meski tidak sedikit pula yang anti dengan durian. Permintaan yang selalu tinggi ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh para petani lokal.

Sumber: iStock

Selain mengandalkan konsumen penggemar buah durian, komoditas ini juga memiliki peluang tinggi dalam sektor industri olahan. Bahan baku durian seakan bisa menggaet banyak produk lain seperti permen, roti, dan berbagai hasil olahan durian lain. Jenisnya yang beragam juga sangat memikat konsumen seperti musang king dan monthong.

5. Pisang

Sebagian orang mungkin menganggap pisang sebagai angin lalu karena keberadaannya yang sangat mudah dijumpai setiap tahun. Bahkan di beberapa daerah pedesaan, pisang bahkan tumbuh di hampir setiap pekarangan rumah. Tapi peran pisang yang melekat dengan keseharian masyarakat ini membuatnya sulit untuk ditinggalkan begitu saja.

Sumber: iStock

Belum lagi di beberapa daerah, pisang sering digunakan sebagai syarat dalam sebuah perayaan sakral tertentu seperti dalam pernikahan atau lainnya. Itu sebabnya, pisang menjadi komoditas buah favorit yang akan selalu mendatangkan banyak konsumen setiap tahunnya.

Nah, itu dia 5 pohon buah yang bisa kamu jadikan sumber cuan mulai dari sekarang. Pantau terus informasi menarik seputar dunia pertanian melalui website Gokomodo. Baca juga Tips Merawat Tanaman Buah dalam Pot Serta Rekomendasi Jenisnya

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.