Diterbitkan 26 Apr 2024

Tips Merawat Tanaman Buah dalam Pot Serta Rekomendasi Jenisnya

Tips / Tutorial
Merawat tanaman buah

Bagi kamu yang memiliki lahan terbatas tapi ingin berkebun dan menikmati hasilnya dengan mudah, jangan khawatir! Kini kamu bisa segera mulai menanam tanaman buah dalam pot yang tidak memerlukan banyak lahan.

Tapi sebelum mulai berkebun, pastikan untuk memilih jenis tanaman dan mengetahui cara merawat tanaman buah agar memperoleh hasil yang memuaskan. Berikut beberapa rekomendasi jenis tanaman buah dalam pot sekaligus tips merawatnya.

Rekomendasi Jenis Tanaman Buah dalam Pot

1. Strawberry

Strawberry menjadi salah satu buah favorit yang mudah ditanam karena bentuknya mungil sehingga bisa ditanam di pot. Tak heran jika banyak rumah tangga yang memilih buah dengan tinggi sekitar 45 cm ini dengan penyiraman dan pemupukan teratur agar tumbuh subur.

2. Kiwi

Buah yang memiliki bentuk seperti telur ayam ini memiliki tanaman ramping yang cocok untuk ditanam di pot. Agar cepat berbuah, kamu bisa menanam tanaman kiwi jantan dan betina secara sekaligus dalam satu buah pot yang sama. Agar pertumbuhannya tetap optimal, pastikan untuk mempersiapkan ukuran pot yang tepat. Ada berbagai jenis kiwi yang banyak dipilih seperti kiwi hijau dan kiwi emas. 

3. Jeruk

Hampir semua jenis jeruk dapat ditanaman di pot dengan jenis yang beragam seperti jeruk manis, lemon, dan jeruk nipis. Biasanya jeruk akan berbuah setahun sekali dengan perawatan yang sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan campuran media tanam berupa tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sama untuk memenuhi nutrisi tanaman jeruk – Jenis Jeruk di Indonesia dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

4. Ara

Ara atau yang sering dikenal dengan sebutan buah tin ini memang cukup jarang dibudidayakan di halaman rumah. Padahal caranya sangat mudah, yakni kamu hanya perlu memindahkan tunas kecilnya atau dengan teknik stek pada batang. Ada beberapa jenis tanaman ara, yang paling direkomendasikan untuk ditanam di pot adalah jenis Jelly Bean karena ukurannya paling kecil.

Tips Merawat Tanaman Buah dalam Pot

1. Memilih Jenis Tanaman dan Ukuran Pot

Sebelum menanam, pastikan kamu memilih jenis tanaman dan ukuran pot yang tepat agar tanaman dapat tumbuh dengan baik meski di dalam pot. Kamu bisa mulai menanam dari bibit maupun benih tanaman yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

2. Mengolah Media Tanam

Tanaman dalam pot memang memiliki tanah yang terbatas sehingga kamu perlu menyiapkan media tanam yang sesuai. Umumnya media tanam dibuat menggunakan komposisi pupuk kompos, tanah, dan arang sekam dengan perbandingan yang sama.

3. Melakukan Perawatan yang Tepat

Cara merawat tanaman dalam pot sebenarnya tidak jauh beda dengan merawat tanaman dengan media lain. Kamu hanya perlu melakukan penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan pengendalian hama secara berkala.

Itu dia rekomendasi jenis tanaman buah dalam pot yang bisa kamu pilih beserta cara merawatnya. Selalu pastikan kebutuhan nutrisinya tercukupi agar hasil buah yang kamu panen lebih optimal. Dapatkan informasi menarik seputar pertanian hanya di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.