Diterbitkan 10 Feb 2023

5 Tanaman untuk Mempercantik Rumahmu

Lifestyle
tanaman rumah

Menanam tanaman di rumah adalah salah satu kegiatan yang dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, selain tujuan kesehatan, menanam tanaman bisa memberikan estetika di rumah. Menurut jurnal Environmental Health Perspectives, tanaman bermanfaat sebagai penyaring udara alami dan menghilangkan bahan kimia yang ada di udara sehingga udara lebih segar.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dirumah dengan perawatan yang minim. 

1. Bunga Melati

Bunga melati atau bunga puspa bisa kamu tanam sendiri di rumah. Selain beraroma wangi, bunga ini juga memiliki banyak jenis yang menawan seperti Melati Raja, Melati Italia, Melati Pot, dan Melati Primrose. Perawatan bunga ini cukup dengan memangkas cabang secara berkala, pemberian pupuk, penyiraman, dan menyiangi secukupnya.

2. Pohon Kamboja

Meskipun identik dengan pemakaman, bunga kamboja juga cocok ditanam di rumah layaknya masyarakat Bali. Jenis bunga ini juga bervariatif antara lain Pulmeria alba, Plumeria obtusa, dan Plumeria pudica. Pohon Kamboja memerlukan pemupukan intens agar dapat tumbuh dan berbunga.

3. Aglaonema

Aglaonema merupakan tanaman hias daun berasal dari kategori talas. Beberapa orang memercayai bahwa menanam aglaonema bisa membawa rezeki. Tanaman ini memiliki 30 jenis yang tersebar di penjuru dunia. Jenis aglaonema yang terdapat di Indonesia seperti aglaonema red peacock (widuri), aglaonema widuri putih, dan aglaonema cinta. Perawatan aglaonema cukup dengan meletakkan pada tempat yang tidak tersorot matahari secara langsung, menyiram dan mengelap daun secara berkala, memangkas daun yang sudah layu, dan memberikan pupuk setiap 4 bulan sekali.

4. Pandan

Pandan terkenal dengan penggunaan daunnya untuk masakan Indonesia. Selain digunakan dalam masakan, pandan juga dipercaya dapat mengusir serangga. Perawatan pandan cukup dengan meletakkannya di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung agar daunnya tidak cepat layu. 

5. Bunga Anggrek

Anggrek dikenal dengan kecantikan bunganya sekaligus harganya yang tidak murah. Beberapa jenis anggrek yang cukup terkenal yaitu Cattleya, Oncidium, Phalaenopsis, Vanda, dll. Untungnya, selain memiliki nilai bisnis yang tinggi, Anggrek juga memiliki periode hidup yang cukup panjang. Perawatan bunga anggrek terbilang cukup mudah. Pasalnya bunga cukup dirawat dalam lingkungan yang terdapat 50-70% cahaya, rutin disiram setiap pagi dan sore, pemberian hormon serta pupuk sebanyak tiga kali dalam satu minggu. 

Dari 5 rekomendasi tanaman diatas, mana nih yang cocok ditanam di rumahmu? Apapun pilihanmu, jangan lupa untuk selalu merawat dengan benar, ya! Temukan artikel lainnya seputar tips merawat tanaman dan agrikultur di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.