Diterbitkan 24 Nov 2023

8 Cara Efektif Mengganti Oli Motor Matic

Teknologi
Oli motor matic

Sepeda motor matic biasanya menggunakan dua jenis oli, yaitu oli mesin dan oli gardan yang berfungsi sebagai pelumas dan pelindung komponen metal yang bergesekan. Oli motor matic akan menjadi kotor dan kehilangan sifat kimianya seiring dengan waktu pemakaian sepeda motor.

Kualitas oli mesin dapat berubah, baik fisik ataupun kemampuan oli dalam melumasi mesin. Jika pelumas habis, mesin tidak akan bertahan lama menyebabkan komponen mesin menjadi lebih cepat aus dan akhirnya rusak, sehingga oli motor harus segera di ganti. Berikut merupakan informasi tanda oli motor matic harus di ganti dan cara mengganti oli motor matic yang benar. Simak ulasannya!

Sumber : https://id.my-best.com

Tanda Oli Motor Matic Harus Diganti

  1. Oli motor umumnya berwarna kuning, kecokelatan, atau biru. Oli akan berubah warna menjadi hitam pekat jika sudah dipakai. Oleh karena itu, oli yang berwarna hitam harus segera diganti.
  2. Cek oli motor dengan membuka penutup oli mesin kemudian mengangkat stick atau pipet pastikan apakah cairan oli bertekstrur halus atau kasar. Jika saat dioleskan ke jari, oli terasa kasar atau ada partikel, itu berarti oli sudah terkontaminasi dan harus diganti.33
  3. Suara mesin transmisi kasar. Keluarnya suara atau bunyi kasar pada motor saat mengoper gigi atau saat mesin digas menandakan bahwa oli mengalami penuruan kualitas akibat out of date.
  4. Jarak tempuh sudah lebih dari 3.000 kilometer. Oli sepeda motor matic harus sudah diganti setelah jarak tempuhnya lebih dari 3.000 kilometer.
  5. Volume oli mesin kurang. Oli motor harus segera di ganti saat Indikator oli pada sepeda motor menunjukkan signal minyak yang mulai sedikit. Jika tanda-tanda tersebut sudah terjadi, baiknya kamu segera mengganti oli motor dengan yang baru.
  6. Suhu mesin lebih tinggi. Hal ini dikarenakan oli sudah tidak layak digunakan dan menyebabkan daya hantar panasnya juga menjadi berkurang, akibatnya penyebaran panas tidak merata. 

8 Cara Efektif Mengganti Oli Motor Matic

Sebelum mengganti oli motor, kamu perlu menyiapkan alat berupa kunci ring ukuran 12, wadah untuk menampung oli bekas, corong untuk memasukkan oli baru, dan oli motor baru yang akan digunakan. Pastikan oli motor yang digunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan merek sepeda motor kamu. Berikut 8 cara efektif mengganti oli motor matic:

  1. Posisikan motor menggunakan standar tengah pada permukaan yang rata dan keras untuk menghindari terjadinya tumpah saat pergantian oli dan memudahkan dalam pengisian oli.
  2. Siapkan wadah untuk menampung oli bekas di bawah baut pembuangan oli dan tutup oli.
  3. Pastikan mesin dalam kondisi dingin agar aman, kemudian buka katup atau baut pembuangan dengan kunci ukuran 12. Posisi katup atau baut ini biasanya ada di bagian bawah sebelah kiri motor. Lalu lepas baut memutar melawan arah jarum jam.
  4. Biarkan oli keluar sampai benar-benar habis. Jika perlu, miringkan motor agar oli benar-benar habis terkuras.
  5. Tutup kembali baut pembuangan tersebut menggunakan kunci ukuran 12 dengan memutar searah jarum jam.
  6. Buka tempat pengisian ol motor matic yang berada di bagian bawah sebelah kanan, atau di dekat kipas mesin menggunakan obeng min (-) atau tang untuk membukanya.
  7. Siapkan corong untuk mengisi oli yang baru. Penggunaan corong sangat berguna agar oli motor tidak tumpah kemana-mana karena lubang mesin oli motor kecil dan menjorok ke bawah.
  8. Tuangkan oli motor dengan perlahan, dan pastikan jumlahnya tidak kurang atau berlebih. Jika sudah selesai, tutup kembali baut tempat pengisian oli tersebut. 

Nah itulah Itulah langkah-langkah cara menganti oli motor matic sendiri yang mudah dipraktikkan. Temukan informasi lainnya seputar Alasan Oli Motor Tidak Sampai Satu Liter dan beragam produk yang kamu butuhkan lainnya melalui  website GokBiz, tersedia lengkap dan terjangkau!!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin