Diterbitkan 14 Dec 2023

8 Poin Penting Cara Menanam Jagung Sampai Panen!

Tips / Tutorial
Menanam Jagung

Jagung merupakan komoditas pangan yang menghasilkan karbohidrat. Selain sebagai bahan olahan pangan, minyak jagung juga dapat diolah menjadi bahan dasar tepung maizena, bioenergi, bahan kosmetik, hingga untuk kebutuhan pangan ternak. Jagung juga bermanfaat sebagai bahan farmasi yang dapat direkayasa secara genetika sebagai penghasil bahan farmasi. Selain itu, bagian tongkol jagung memiliki kandungan pentose yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan furfural.  Cara menanam jagung terbilang gampang” mudah. Oleh karena itu, kamu bisa mencari tahu cara lengkapnya melalui artikel ini!

Sumber: Hello Sehat

Cara Menanam Jagung Fase Pembibitan

Berikut merupakan step-step cara menanam jagung, simak uraian dibawah: 

  1. Pilih bibit jagung berkualitas unggul. Pastikan bibit jagung yang dipilih memiliki kualitas unggul. Jika kamu memilih bibit dari tanaman jagung, pilih bibit dari batang jagung yang berkualitas, besar, sehat serta bebas dari hama dan penyakit. Kamu juga dapat memilih tongkol atau buah jagung yang masih terbungkus rapat, ambil biji di bagian tengahnya untuk dijadikan bibit. JIka membeli benih dari kios di pasar, pastikan membeli benih dengan merk yang familiar dan bagus untuk hasil yang optimal.
  2. Siapkan tanah yang gembur sebagai media tanam. Untuk memulai menanam jagung, pastikan tanah kaya akan bahan organik kemudian bersihkan dari sisa tanaman lama maupun rerumputan. Cangkul tanah di kedalaman 25 cm sampai 30 cm, kemudian ratakan dan haluskan kembali dengan garu. Selanjutnya, buatlah parit (bedengan) agar tanaman jagung mendapatkan air yang cukup saat hujan. Tanaman jagung minimal  menerima sinar matahari langsung selama 6 jam atau lebih.  Lakukanlah pengapuran guna menurunkan tingkat keasaman tanah dan pastikan tanah memiliki tingkat keasaman antara 5,5 dan 7,0.
  3. Menanam bibit jagung.  Pertama, buatlah lubang sedalam 5 cm dan berikan jarak sekitar 25 cm, kemudian taburkan 2-3 benih jagung per lubang dan ditimbun tipis-tipis dengan bokashi. Jika jenis jagung besar yang ditanam serta tidak diselingi tanaman lain, maka berikan jarak sekitar 90 x 60 cm. Akan tetapi, apabila jenis jagungnya kecil dan tidak menanam tanaman lain di sekitarnya, berikan jarak tanam sekitar 80 x 40 cm. Kedua, pastikan dalam waktu 7-14 hari bedengan mendapatkan penyiraman secukupnya agar tanah lembab selama periode perkecambahan. Ketiga, jika tinggi tanaman jagung sudah mencapai 30-40 cm, bersihkan tanah dari rumput liar atau gulma. Kemudian, berikan pupuk agar pertumbuhannya lebih cepat.

Cara Menanam Jagung Fase Pemeliharaan

  1. Waktu penyiraman jagung yang tepat. Lakukan penyiraman jagung dua sampai tiga kali seminggu atau saat 3 cm bagian atas tanah mulai mengering. Hindari menyiram tunas karena akan mengakibatkan masalah jamur.  Siramlah tanaman di dekat permukaan tanah sehingga daun-daun tetap kering.
  2. Berikan pupuk. Saat batang jagung tumbuh memiliki 8 daun, berikan 120 gram pupuk pada setiap 1,5 meter persegi bedengan. Kemudian, taburkan pupuk di sekitar tanaman dan sirami bedengan agar meresap ke dalam tanah. Pemupukan dilakukan saat tanaman jagung berumur 15 hst, 35 hst, dan 50 hst. 
  3. Perawatan tanaman jagung. Pastikan kamu melakukan perawatan pada tanaman jagung dengan cara mewaspadai hama dan penyakit. Jagung bisa terserang cacing potong, cacing kabel, kumbang kutu, cacing telinga jagung, serta penggerek jagung. Selain itu, tikus dan hewan-hewan lainnya juga berpotensi menyerang jagung. Oleh sebab itu, gunakanlah perangkap atau pagar untuk mengusir hama tersebut.
  4. Penyerbukan. Penyerbukan dilakukan dengan mengggoyangkan batang jagung yang menghasilkan sutra dan mulai menjatuhkan serbuk sari. Mengguncang batang dapat memastikan penyebaran serbuk sari lebih merata serta pembentukan tongkol yang lebih baik.
  5. Memanen Jagung. Tanaman jagung dapat dipanen sejak umur 105 hari tergantung dari varietasnya. Tanaman jagung siap panen minimal 80 persen daun, kulit atau klobot sudah terlihat kering, buah padat dan keras, serta warna buah tampak bening atau mengkilat. Panen jagung dilakukan ketika jumbai mengering dan berubah warna menjadi coklat kira-kira tiga minggu setelah jumbai pertama terbentuk. Kemudian, kupas kulit jagung dan dorong kernel dengan kuku guna menguji kematangannya.

Nah itulah 8 poin-poin penting cara menanam jagung yang dapat kamu lakukan untuk menanam sendiri jagung di pekarangan rumah. Kamu juga dapat menemukan informasi – Ini Caranya Budidaya Tanaman Tomat di Pot dan Polybag! dan produk yang kamu cari dengan mengunjungi website Gokomodo, selamat mencoba!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin