Diterbitkan 9 Aug 2024

Ampuh Mematikan Hama Tikus, Pilih Racun Pembasmi Tikus Berikut Ini

Agri Edu
Pembasmi Tikus

Salah satu jenis hama utama yang mengancam praktik agrikultur adalah tikus sawah (Rattus argentiventer). Hama tikus sangat merugikan karena dampaknya yang luas dengan daya rusak pada tanaman yang cukup tinggi. Kerusakan yang disebabkan oleh hama tikus dapat berlangsung hampir pada setiap saat fase pertumbuhan, mulai dari pra tanam hingga menjelang panen – Mengenal Hama Tikus dan Gejala Serangannya.

Untuk menghindari kerugian karena serangan hama tikus, maka perlu dilakukan pengendalian secara berkala. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membasmi hama tikus, seperti pemasangan jaring, penggenangan, sanitasi, pengendalian hayati, dan penggunaan obat. Berikut Gokomodo merangkum beberapa rekomendasi obat pembasmi hama tikus yang dapat kamu pilih.

Daftar Obat Pembasmi Tikus Sawah

Fumakilla Dora 

Fumakilla menawarkan racun tikus dengan merek Dora yang cocok digunakan pada lahan pertanian maupun di dalam rumah. Produk yang mengandung senyawa kimia warfarin ini dapat membekukan darah tikus hingga mengering. Setelah 3-4 hari, tikus yang memakan umpan dengan racun ini akan mengalami gangguan penglihatan dan mencari tempat terang sehingga mudah ditemukan.

Racoon Bayratt

Racoon Bayratt merupakan racun dengan bahan aktif rodentisida, diformulasikan dengan kandungan yang 100% efektif untuk membasmi hama tikus. Berbentuk kotak kecil padat berwarna biru yang sangat menarik untuk dijadikan umpan. Hanya dengan satu gigitan saja, Racoon Bayratt dapat membuat tikus langsung terkapar dan mati.

Mao Wang

Jika ancaman tikus sudah semakin ganas, Mao Wang dari Hai Zen Wei bisa menjadi pilihan karena merek ini dapat membunuh tikus hanya dalam waktu satu menit saja! Reaksi racun yang sangat cepat tersebut membuat hama tikus yang mati dapat dengan mudah ditemukan, sesuai dengan lokasi peletakkan umpan. Produk dari merek ini menyerupai umpan dengan bentuk seperti beras berwarna merah yang sangat menarik perhatian tikus. 

Racun Tikus Cap Padi

Racun tikus cap padi cukup populer di kalangan petani lokal karena efektivitasnya dalam membasmi hama tikus di lahan pertanian. Produk berbentuk serbuk warna putih ini mengandung zinc phosphide 80%. Kandungan tersebut akan bereaksi dengan asam dalam saluran pencernaan tikus sehingga membuatnya mati dalam sekejap. Meski demikian, selalu berhati-hati dan ikuti petunjuk penggunaan agar senantiasa aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Home Guard Rats Killer

Jika mencari obat pembasmi tikus yang multifungsi, Home Guard Rats Killer bisa menjadi pilihan karena obat ini cocok untuk membunuh hampir semua jenis hama tikus. Tidak hanya untuk hama tikus sawah, hama tikus di sekitar pemukiman juga bisa dibasmi dengan cepat dan efektif, serta dalam keadaan kering sehingga tidak menimbulkan bau menyengat.

Agricon Ratgone

Racun tikus andalan lainnya adalah Agricon Ratgone yang bisa digunakan untuk membasmi tikus di sekitar rumah, sawah, dan ladang. Produk ini mengandung brodifakum yang efektif membasmi hama tikus. Selain itu, Ratgone juga memiliki aroma khas yang dapat mengelabui tikus sehingga tikus dapat terkecoh.

Penggunaan obat pembasmi hama tikus memang diperlukan, terutama bila serangan hama tikus sangatlah parah dan luas. Namun, kamu juga perlu bijak dalam mengaplikasikannya agar tidak berdampak negatif pada diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Jika kamu sedang mencari produk-produk pertanian yang sesuai kebutuhanmu, jangan ragu untuk datang dan berbelanja di GokoMart terdekat. Tak hanya menyediakan produk berkualitas, harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin