Diterbitkan 27 Sep 2023

Apa Itu Pupuk Daun? Inilah Pengertian, Manfaat, dan Kelebihannya

Agri Edu
Pupuk daun

Berdasarkan klasifikasi lokasi aplikasinya, pupuk dibedakan menjadi pupuk daun dan pupuk akar – 4 Klasifikasi Pupuk yang Perlu Kamu Tahu. Kali ini, Gokomodo akan membahas mengenai pupuk jenis ini, mulai dari pengertian, manfaat bagi tanaman, hingga kelebihannya apabila diterapkan secara luas. Simak informasi lebih jelasnya di bawah ini, yuk!

Pengertian Pupuk Daun

Pupuk daun merupakan pupuk organik maupun kimia yang diaplikasikan melalui organ daun. Jenis pupuk ini diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada bagian permukaan daun untuk memberikan unsur hara tambahan selain dari yang sudah diserap oleh akar. 

Pupuk daun atau yang dikenal sebagai foliar fertilizer secara umum memiliki bentuk cair. Hal ini berguna untuk mempermudah pengaplikasiannya agar bisa langsung mengenai mulut daun atau stomata. Penggunaan pupuk ini banyak dipilih karena mengandung unsur hara mikro yang lebih dominan. 

Manfaat Pupuk Daun

Ada banyak manfaat pupuk daun yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai beberapa manfaatnya bagi tanaman. 

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan dan Produktivitas Tanaman

Aplikasi pupuk daun menjadi solusi dalam dunia pertanian. Sebab, pemberian pupuk melalui organ ini sama seperti mengantarkan unsur hara melalui jalan pintas. Unsur hara yang dibutuhkan tanaman akan langsung sampai pada bagian kloroplas dan bisa langsung digunakan dalam proses fotosintesis. 

Dengan pemberian pupuk daun, pertumbuhan tanaman akan menjadi lebih cepat. Hal ini tentu saja berpengaruh pada hasil panen yang kian meningkat. Walaupun manfaatnya sangat besar, namun pemberian pupuk tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan.

2. Mengoreksi Keseimbangan Hara

Apabila kondisi unsur hara yang diserap tanah tidak seimbang atau terjadi ketidakseimbangan unsur hara, maka pemberian pupuk spesifik perlu dilakukan. Sebagai contoh ketika unsur N lebih banyak diserap oleh tanaman daripada unsur lain seperti unsur K dan unsur P. Sebagai solusi, kamu bisa menyemprotkan pupuk daun yang mengandung unsur hara K dan P agar keseimbangan hara kembali terjaga dan tanaman dapat kembali berbunga.

3. Memperbaiki Kondisi Tanaman setelah Terserang Hama dan Penyakit

Apabila suatu tanaman terserang hama atau penyakit tertentu, pertumbuhannya akan terganggu akibat adanya kerusakan organ. Sebagai upaya memperbaiki sel-sel yang rusak secara cepat, maka suplai unsur hara yang dibutuhkan tanaman harus segera diberikan melalui pemupukan daun. 

4. Mengatasi Defisiensi Unsur Hara secara Cepat

Kita ketahui bersama bahwa defisiensi unsur hara merupakan kondisi dimana unsur-unsur hara yang telah diberikan melalui pemupukan di tanah tidak terserap oleh akar dengan baik. Pemberian pupuk daun akan mengatasi kondisi defisiensi hara dengan cepat. Mengapa demikian? Hal ini karena unsur hara akan langsung diterima oleh organ kloroplas pada daun dan bisa segera diproses lebih lanjut.  

Kelebihan Pemupukan melalui Daun

Aplikasi pupuk daun rupanya juga memiliki banyak kelebihan. Pertama, pemupukan melalui daun akan menambah asupan nutrisi tanaman, baik berupa unsur hara makro maupun unsur hara mikro. Pupuk ini akan melengkapi unsur hara yang kurang dari penerapan pemupukan melalui akar.

Kedua, pemupukan daun yang dilakukan dengan cara disemprot atau dengan sistem foliar melalui mulut daun atau stomata juga lebih cepat daripada penyerapan melalui akar. Hal ini karena stomata bersifat lebih responsif dalam menyerap unsur hara yang terlarut di dalam pelarut dibandingkan dengan penyerapan unsur hara pada akar.

Sumber: IStock

Ketiga, beberapa produk pupuk daun telah mengandung hara makro dan mikro yang lengkap. Dengan formula khusus, pemberian pupuk akan sangat cocok diaplikasikan pada fase generatif guna merangsang terjadinya pembungaan, pembesaran, hingga pematangan buah yang lebih seragam.

Nah, itulah pengertian pupuk daun beserta manfaat dan kelebihan pengaplikasiannya. Apabila kamu membutuhkan produk pupuk berkualitas untuk tanamanmu, segera dapatkan produk pupuk tersebut melalui website Gokomodo. Selain pembelian produk, kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca berbagai informasi menarik dari artikel kami. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin