Diterbitkan 17 Aug 2023

ASEAN Build Program: Gokomodo Ikuti Pelatihan Pentingnya Kekayaan Intelektual

Event
asean build program

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang kekayaan intelektual, lebih baik kita ketahui dulu apa itu UMKM bukan? UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Kriteria UMKM dibedakan secara masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah.

Pentingnya UMKM bagi Negara ASEAN

Berbicara tentang UMKM, apakah kamu tahu kalau UMKM mencakup sebagian besar ekonomi Negara Anggota ASEAN karena menyumbang untuk 89,0% hingga 99,0% dari total perusahaan, 52,0% hingga 97,0% dari total lapangan kerja, dan berkontribusi 30,0% hingga 53,0% terhadap setiap Produk Domestik Bruto (PDB).

Angka-angka diatas menunjukkan besarnya kepentingan UMKM terhadap stabilitas ekonomi, keberlanjutan, pembangunan, dan pemulihan bagi semua negara di ASEAN. Namun dalam kaitannya dengan strategi bisnis, penting untuk membangun kekayaan intelektual yang dimiliki oleh perusahaan saat ini. Oleh karena itu Gokomodo sebagai salah satu perusahaan berkesempatan hadir dalam ASEAN Build Program: Intelectual Property Office of The Philippines yang berlangsung di Manila, Filiphina.

Acara ASEAN Build Program diwakili oleh Yocky Muhammad Fajri sebagai Legal SPV Gokomodo pada tanggal 2-4, 7-8 Agustus 2023 (virtual) dan pertemuan langsung pada 14-18 Agustus 2023 di Manila, Filiphina. Program ini dihadiri oleh semua Negara ASEAN termasuk negara Hong Kong dan China juga hadir dalam program ini.

ASEAN Build Program berfokus untuk manajemen kekayaan intelektual kepada perusahaan yang saat ini mengalami tantangan, yaitu:

  • Menciptakan jaringan dan konektivitas pasar,
  • Akses ke keterampilan utama,
  • Inovasi dan teknologi,
  • Kebijakan pemerintah,
  • Pembangunan dan daya saing, dan
  • Akses biaya.

Diharapkan dengan acara ini dapat menumbuhkan kesadaran bagi pelaku usaha di Negara ASEAN terkait pentingnya kekayaan intelektual yang dimiliki. Semoga artikel ini membantu wawasan kamu lebih luas lagi, ya! Simak artikel lainnya Pentingnya Pemanfaatan Kekayaan Intelektual, Gokomodo Penuhi Undangan World Intellectual Property Organization (WIPO). Baca artikel seputar news, agri edu, event, teknologi dan masih banyak lainnya hanya di website Gokomodo selalu!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin