Diterbitkan 10 Apr 2024

Banyak Peminatnya! Khasiat Buah Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Infografik
khasiat buah tomat

Tomat merupakan salah satu tanaman asal Amerika yang dapat tumbuh hingga ketinggian 2,5 meter. Tomat termasuk buah karena bagian tanaman yang bisa dimakan mengandung biji atau benih. Selain banyak ditanam di ladang maupun pekarangan rumah, tomat juga banyak ditemukan tumbuh liar di daerah dengan ketinggian 1–1600 mdpl. 

Buah tomat (Solanum lycopersicum L.) bukan hanya memiliki rasa yang segar dan lezat, melainkan juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan senyawa terutama likopen pada buah ini dikenal sebagai antioksidan yang mampu membantu menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

Khasiat Buah Tomat bagi Kesehatan

Telah disebutkan sebelumnya bahwa tomat mengandung berbagai senyawa yang berkhasiat, antara lain serat, likopen, beta karoten, flavonoid, asam klorogenat, vitamin C, vitamin B9, dan vitamin K1. Berikut adalah beberapa khasiat buah tomat yang perlu kamu tahu. 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tomat dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena mengandung likopen dan beta karoten. Kedua senyawa tersebut sangat berpengaruh terhadap risiko serangan jantung, dimana semakin tinggi kadar likopen dan beta karoten, maka semakin rendah risiko serangan jantung.

2. Mencegah Kanker

Bukan hanya penyakit jantung saja, tomat juga dipercaya dapat mencegah kanker karena mengandung vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan yang terdapat dalam buah tomat tersebut merupakan agen yang melawan pembentukan radikal bebas penyebab penyakit kanker.

3. Melancarkan Pencernaan

Buah tomat juga sangat baik dikonsumsi saat kamu sedang mengalami sembelit. Pasalnya, buah satu ini mengandung air dan serat yang cukup banyak sehingga dapat membantu melancarkan pergerakan usus dan membuat buang air besar kembali menjadi lancar.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat lain dari buah tomat adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan senyawa berupa likopen, beta karoten, dan lutein merupakan antioksidan yang memiliki manfaat untuk melindungi mata.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Sumber: iStock

Selain mampu menjaga kesehatan mata, buah tomat juga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin C. Perlu diketahui, vitamin C memiliki peranan penting dalam pembentukan kolagen dalam tubuh, yang merupakan komponen penting dalam pertumbuhan kulit, rambut, dan kuku.

6. Meningkatkan Kesehatan Saat Hamil

Kondisi tubuh ibu hamil tentunya harus dijaga dengan baik agar tetap sehat dan bugar. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat hamil adalah buah tomat. Hal ini karena kandungan Folat dalam buah tomat memiliki khasiat untuk menjaga janin dari kondisi cacat tabung saraf.

Itulah khasiat buah tomat bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Jika kamu tertarik menanam buah tomat sendiri di rumah, baca artikel Ini Caranya Budidaya Tanaman Tomat di Pot dan Polybag! di website Gokomodo, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.