Diterbitkan 3 Nov 2023

Basmi Jamur dengan Rekomendasi Fungisida Musim Hujan Berikut Ini

Agri Edu
Fungisida musim hujan

Fungisida merupakan salah satu jenis pestisida yang digunakan untuk melawan jamur pengganggu tanaman. Jamur tersebut perlu dibasmi dengan fungisida terkhusus saat musim hujan karena dapat menghambat pertumbuhan, menurunkan kualitas panen. Fungisida dapat berupa cairan, gas, butiran maupun serbuk dan biasanya digunakan dengan cara disemprotkan secara langsung atau diinjeksikan pada batang tanaman.

Aplikasi fungisida dengan cara disemprotkan secara langsung seringkali membuat para petani khawatir saat musim hujan karena butiran fungisida yang telah disemprotkan dikhawatirkan ikut larut dalam guyuran air. Untuk itu, kamu perlu memilih fungisida yang tepat pada saat hujan lebat agar hasil panen tetap optimal dan terhindar dari serangan jamur. Berikut adalah ulasan mengenai rekomendasi fungisida terbaik di musim hujan yang perlu kamu tahu!

Rekomendasi Fungisida di Musim Hujan

Ulasan di bawah ini akan membahas beberapa pilihan fungisida yang dapat kamu gunakan selama musim hujan. Simak dengan baik, ya!

Sumber: IStock

1. Amistar Top 325 SC

Produk fungisida di musim hujan pertama yang perlu kamu tahu adalah Amistar Top 325 SC. Produk yang diproduksi oleh PT Syngenta Indonesia ini merupakan fungisida sistemik dan ZPT yang sangat bagus diaplikasikan di musim penghujan karena bersifat preventif, kuratif, dan protektif.

Fungisida ini memiliki bentuk formulasi berupa pekatan suspensi berwarna kuning muda yang mengandung bahan aktif berupa difenokonazol 125 g/l dan azoksistrobin 200 g/l. Produk fungisida ini juga telah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian dengan nomor pendaftaran RI.

2. Bion M 1/48 WP

Bion M 1/48 WP merupakan salah satu produk fungisida terbaik yang cocok digunakan saat musim hujan. Produk yang juga merupakan hasil produksi dari PT Syngenta Indonesia ini memiliki bentuk formulasi berupa butiran tepung berwarna coklat yang larut dalam air. 

Bion M 1/48 WP berbahan aktif asibensolar-s-metil 1 % dan mankozeb 48% yang bersifat protektif. Tak heran, produk fungisida ini banyak dipilih petani untuk membasmi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh jamur. Kamu juga tidak perlu ragu karena fungisida ini telah resmi terdaftar di Kementerian Pertanian dengan nomor pendaftaran RI. 01020120001499.

3. Trivia 73 WP

Berbeda dari dua produk sebelumnya, Trivia 73 WP merupakan produk fungisida kontak yang diproduksi oleh PT Bayer Indonesia dengan nomor pendaftaran resmi RI. 01020120072819 di Kementerian Pertanian. Fungisida yang terdiri dari bahan aktif fluopikolid 6 % dan propineb 66,7% ini dikenal mudah larut dalam air sehingga sangat cocok diaplikasikan saat musim hujan.

Fungisida ini memiliki bentuk formulasi berupa tepung berwarna abu-abu kecoklatan dengan cara kerja yang protektif, kuratif, serta antisporalusi. Tak hanya digunakan untuk membasmi jamur penyebab penyakit pada tanaman, fungisida ini juga mampu memperbaiki proses pertumbuhan tanaman serta efektif mengatasi penyakit busuk daun.

4. Taft 75 WP

Berikutnya ada Taft 75 WP, produk fungisida sistemik yang bersifat protektif hasil produksi dari CV Saprotan Utama. Didukung dengan bahan aktif berupa mankozeb 63 % dan karbendazim 12%, fungisida ini memiliki bentuk formulasi berupa tepung yang bisa disuspensikan. 

Taft 75 WP juga memiliki cara kerja secara sistemik dan protektif dalam membasmi jamur-jamur yang menyebabkan penyakit tanaman. Tak heran, banyak petani memilih produk fungisida yang telah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian dengan nomor pendaftaran RI. 01020120114176 ini. 

Itu dia beberapa fungisida terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi serangan jamur di musim hujan. Selalu perhatikan kondisi tanamanmu agar tidak ada masalah hingga masa panen tiba. Baca juga Perekat Pestisida: Tingkatkan Efektivitas Kemampuan Pestisida di website Gokomodo untuk informasi menarik lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin