Diterbitkan 5 May 2023

Begini Cara Membuat Herbisida Alami dari Bahan Dapur

Agri Edu
herbisida bahan alami

Secara umum, cara membasmi gulma yang paling ramah lingkungan adalah dengan mencabutnya, menggali hingga bagian akar, mengeringkannya di bawah panas matahari, dan membakar untuk menambahkannya ke campuran kompos. Sayangnya, cara ini membutuhkan waktu yang lama. 

Lalu, bagaimana cara membasmi gulma yang tetap ramah lingkungan tanpa bahan kimia berbahaya bagi lingkungan? Kamu bisa mencoba membuat herbisida alami dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di dapur.

Bahan alami pestisida:

1. Air mendidih 

Air mendidih merupakan salah satu herbisida alami yang paling mudah disiapkan. Cara ini bisa digunakan untuk membunuh gulma secara efektif. Cukup menyiapkan satu panci air mendidih, lalu menuangkannya di atas daun maupun batang tanaman yang ingin disingkirkan. Pastikan kamu berhati-hati karena herbisida alami ini juga bisa membunuh tanaman lain di sekitar gulma yang tidak dituju.

2. Cuka Putih 

Cairan lain yang bisa dijadikan herbisida alami adalah cuka putih. Cairan yang mengandung sekitar 5 persen asam asetat ini bisa menyebabkan gulma mati. Kamu bisa menyemprotkan cuka putih ke bagian daun gulma secara hati-hati agar tidak mengenai tanaman lainnya. Untuk hasil yang optimal, lakukan berulang yang disertai penambahan sedikit deterjen cuci piring.

3. Garam 

Garam ternyata bisa digunakan sebagai herbisida alami loh! Namun, aplikasi garam meja ini harus dilakukan langsung ke daun gulma. Hal ini karena garam dalam dosis berlebihan dapat menyebabkan tanah rusak sehingga tanaman tidak bisa mendapatkan nutrisi dengan baik.

Cara pembuatan larutan garam juga sangat mudah. Kamu cukup melarutkan garam dengan air panas dengan perbandingan 1:8 atau 1:3 sesuai kekuatan gulma yang ingin dibasmi. Setelah itu, tambahkan sedikit sabun cuci piring cair agar menempel pada permukaan daun. Setelah itu, aplikasikan ke daun gulma secara berulang.

4. Garam dan Cuka 

Herbisida alami lain yang bisa dibuat dengan mudah adalah larutan garam dan cuka. Kamu bisa menggabungkan 1 cangkir garam meja dan 1 galon cuka, lalu menyemprotkannya ke bagian daun gulma. Kamu juga bisa menambahkan sabun cair, minyak jeruk atau minyak cengkeh untuk meningkatkan efektivitas membasmi gulma. 

Mudah sekali bukan cara di atas? Setelah mengetahui informasi ini, kamu pun bisa membasmi gulma tanpa harus membahayakan lingkungan sekitar. Nah, jika kamu memiliki tanaman kelapa sawit, Kenali Jenis Gulma dan Herbisida yang Tepat untuk Kelapa Sawit melalui artikel dari blog Gokomodo, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin