Diterbitkan 3 Jul 2023

Beli Motor Listrik: Hal-hal ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Membeli

Teknologi
Beli motor listrik

Kendaraan bermotor listrik di Indonesia saat ini terus berkembang terutama pada kendaraan roda dua. Kehadiran motor listrik semakin diminati masyarakat Indonesia. Sebab, kendaraan ini menawarkan alternatif mobilitas. Menurut data PLN UID Jakarta Raya per Juli 2022 sudah ada 16.473 motor listrik yang ada di Jakarta.

Meski begitu, kehadiran motor listrik masih tergolong baru sehingga belum banyak orang memahami cara memilihnya sesuai kebutuhan. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli motor listrik.

Cara beli motor listrik

1. Kemampuan jarak tempuh dan kecepatan sesuai kebutuhan

Berbeda dengan motor berbahan bakar bensin, motor listrik memiliki kemampuan jarak tempuh dan kecepatan yang terbatas tergantung kapasitas baterai. Lokasi SPKLU dan battery swap di Indonesia masih sangat terbatas. Sehingga kamu perlu memperhitungkan kemampuan jarak tempuh.

Penting memperhatikan kecepatan dan torsi maksimum yang dimiliki motor listrik. Saat itu kecepatan maksimum motor listrik di Indonesia belum ada yang bisa mencapai hingga di atas 100 Km/jam.

2. Spesifikasi motor

Sebaiknya pelajari dulu spesifikasi motor listrik yang hendak di beli. Apalagi, setiap motor listrik menawarkan fitur dan keunggulan yang berbeda sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pertama, jenis baterai, kapasitas penggerak dan baterai, dan cara pengisiannya. Kedua, kecepatan maksimal dan jarak tempuh. Ketiga, daya angkut maksimal. Setiap motor listrik punya daya angkut bervariasi. Keempat, komponen motor listrik, seperti ban, rantai, sistem pengereman, dll.

3. Jenis dan kualitas baterai

Baterai pada motor listrik merupakan sumber utama daya penggerak motor. Di Indonesia terdapat dua jenis baterai yang umum dijumpai pada motor listrik, yakni sealed lead acid (SLA) dan lithium. Lithium sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yakni lithium ion (Li-Ion) dan lithium polymer (Li-Po), Meskipun berfungsi sama, kedua jenis baterai tersebut memiliki beberapa perbedaan.

4. Kondisi jalan

Pemilihan jalan dan area yang akan dilewati motor listrik ternyata bisa memengaruhi umur pakai motor listrik. Umumnya, motor listrik digunakan di jalan beraspal mulus, seperti perkotaan. Jika dikendarai di jalan penuh lubang atau belum beraspal, penggerak mesin yang biasanya digunakan motor listrik berisiko rusak atau umur tidak panjang.

Itulah hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum beli motor listrik. Kamu bisa baca juga artikel tentang Wajib Tahu! Ini Dia Harga Ban Bulan Juli 2023 untuk kebutuhan ban motor kamu. Tertarik informasi lainnya? Simak terus dan jangan lupa bagikan blog Gokomodo di sosial media kamu.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.