Diterbitkan 4 Jun 2024

Berapasih Harga Pupuk KCL 50 Kg di Pasaran? Mungkin Referensi Ini Bisa Membantu Kamu!

Agri Edu
Harga Pupuk KCL 50 kg

Sebagaimana jenis pupuk lainnya yang penting untuk pertumbuhan tanaman, pemberian pupuk KCl juga harus dilakukan secara berkala. Pupuk KCl akan membantu memperkokoh batang tanaman, membantu proses fotosintesis, dan berbagai kelebihan lainnya untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Mengingat pentingnya pupuk KCl untuk tanaman ini, pastikan kamu mempelajari dengan cermat sebelum mengaplikasikannya. Ada banyak jenis dan harga pupuk KCl 50 Kg yang tersedia, simak ulasan lengkapnya berikut – Apa Saja Kandungan Pupuk KCL yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Pupuk KCl dan Manfaatnya

Pupuk KCL adalah pupuk anorganik yang diformulasikan khusus untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan tanaman karena mengandung kadar kalium yang tinggi. Mulai dari memperkuat batang tanaman hingga meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit.

Pemberian pupuk KCl juga berperan penting selama proses fotosintesis karena membantu pembentukan warna hijau daun. KCl juga akan meningkatkan sistem translokasi gula hasil fotosintesis pada fase generatif yang membuat buah menjadi lebih manis.

Kerja stomata daun juga erat kaitannya dengan KCl untuk mengusahakan agar tanaman memiliki ketahanan terhadap kekeringan. Selain itu, KCl juga mampu mengaktifkan enzim pertumbuhan dan mempercepat proses reaksi zat pengatur tumbuh sehingga dapat mempercepat masa panen.

Sebaliknya, jika kekurangan Kalsium maka tanaman dapat mengalami beberapa gejala yang membuat tanaman menjadi lemah. Seperti daun tua menguning mulai dari tepi daun, buah mengecil, kulit buah kusam, dan pematangan tidak sempurna. Oleh karena itu, sebelum gejala ini timbul dan menurunkan hasil panen maka sebaiknya segera diberikan pupuk KCl.

Pengaplikasian pupuk KCl dapat diberikan dua kali yakni saat awal fase generatif (30 hari setelah tanam) dan menjelang akhir fase generatif (60 hari setelah tanam). Pupuk KCl hanya perlu ditabur di permukaan yang lembab dengan dosis dan frekuensi pemupukan yang dapat disesuaikan dengan tingkat kesuburan dan kondisi tanah.

Harga Pupuk KCl 50 Kg

1. Pak Tani KCl Putih 

Seperti namanya, pupuk KCl merk Pak Tani berbentuk prill warna putih dengan kandungan K2O 60%. CV Saprotan Utama yang memproduksi pupuk Pak Tani KCl Putih mematok harga Rp710.500 untuk ukuran 50 kg kemasan pabrik.

Sumber: Saprotan Utama

2. Mentari MOP

Mentari MOP diproduksi oleh PT Permata Agro Persada yang memiliki kandungan K2O sebanyak 60%. Pupuk KCl berbentuk butiran warna merah ini ditawarkan pada kisaran harga Rp845.500 untuk kemasan 50 kg.

3. MOP Meroke

MOP Meroke ukuran 50 kg kemasan pabrik ditawarkan pada kisaran harga Rp581.000 dengan kandungan Kalium Oksida sebanyak 60%. Produk milik PT Meroke Tetap Jaya ini berbentuk kristal halus berwarna merah bata sehingga cukup mudah dikenali.

Sumber: Meroke Tetap Jaya

4. Mahkota Fertilizer MOP 

Diantara berbagai merk pupuk KCL dengan ukuran 50 kg, Mahkota Fertilizer MOP memiliki harga yang paling terjangkau yakni berkisar Rp475.500. Tak heran jika banyak yang memilih produk yang diproduksi oleh Wilmar Chemical Indonesia ini.

Pembelian pupuk dalam jumlah besar sekaligus memang jauh lebih menguntungkan dalam segi harga, terlebih jika kamu memiliki lahan yang cukup luas. Nah, jika kamu tertarik membeli produk pupuk dengan kualitas yang terjamin, kamu bisa langsung datang ke GokoMart Muara Telang, GokoMart Bodok, atau GokoMart Nanga Tayap. Selamat belanja!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.