Diterbitkan 18 Mar 2024

Bingung Makan Apa Sahur Nanti? Yuk, Intip Makanan Sahur Agar Puasa Lebih Kuat dan Tipsnya!

Infografik

Meskipun boleh dilewatkan, sebaiknya tetap makan sahur meskipun hanya sesuap nasi maupun seteguk air putih. Mengapa? Mempersiapkan tubuh sebelum berpuasa dengan makan makanan yang bergizi sangatlah penting agar ibadah puasa lancar. Nah, karena sahur juga sama pentingnya dengan berbuka puasa, berikut ini Gokomodo berikan tips dan variasi pilihan makanan saat sahur agar puasa lebih kuat.

Tips 1: Batasi Makanan dengan Rasa Asin Berlebihan

Sumber: iStock

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin meningkatkan kadar sodium di dalam tubuh. Akibatnya, garam yang masuk ke dalam tubuh akan mengikat air sehingga memicu buang air kecil terus menerus. Perlu diingat, ketika buang air terlalu kecil terlalu sering bisa mengakibatkan dehidrasi saat puasa nanti. Bahan yang sebaikya dihindari yaitu sambal, kecap asin, dan makanan kaleng. Sebaiknya konsumsi rendah garam juga diimbangi dengan konsumsi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang sesuai kebutuhan tubuh.

Tips 2: Konsumsi Karbohidrat Kompleks dan Makanan Tinggi Serat

Sumber: UQ Healthy Living

Karbohidrat merupakan sumber energi utama pada tubuh. Sementara dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks akan membuat tubuh terasa kenyang lebih dari 6 jam. Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan karbohirat simpleks. Selain karbohidrat kompleks, ternyata serat juga membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Jadi, mengonsumsi karbohidrat kompleks dan serat saat sahur akan memberikan efek kenyang lebih lama. 

Tips 3: Batasi Makan Saat Berbuka

Sumber: USDA

Agar tidak ada masalah pencernaan selama puasa, hal yang perlu diperhatikan yaitu makanan yang dikonsumsi saat berbuka. Bahkan, makanan saat berbuka juga mempengaruhi kualitas sahur nantinya, lho. Sebisa mungkin hindari langsung mengonsumsi makanan berat saat membatalkan puasa. Sebaiknya mulai berbuka dengan minum air putih, sedikit makanan manis, dan dilanjutkan dengan makanan berat. Tentu saja ada jeda waktu dari satu makanan ke makanan lainnya.

Anggapan berbuka selalu dengan makanan atau minuman yang manis justru akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Kadar gula yang  terlalu tinggi justru akan membuat tubuh kekurangan gula darah saat berpuasa, sehingga mudah sekali terasa lemah. Tidak hanya berbuka saja, saat sahur pun sebisa mungkin hindari minuman atau makanan yang manis.

Sumber Makanan Saat Sahur Agar Kuat Puasa Seharian

Setelah tahu tips makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur, Gokomodo akan memberikan rekomendasi makanan saat sahur untuk puasa yang lebih menyehatkan dan tentu saja mengenyangkan. 

  • Karbohidrat

Karbohidrat menjadi zat yang paling utama diperlukan tubuh untuk membentuk energi. Karena saat sahur dianjurkan mengonsumsi karbohidrat kompleks, kamu dapat mengonsumsi beras merah, kentang, gandung, kurma, dan masih banyak Tanaman Pangan yang Populer di Indonesia.

  • Protein

Terdapat dua jenis protein yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia yaitu protein nabati dan protein hewani. Sebaiknya perbanyak konsumsi protein hewani yang berasal dari hewan ternak, unggas, maupun ikan-ikanan. Sebenarnya tidak apa-apa mengonsumsi protein nabati yang berasal dari kacang-kacangan, hanya saja protein nabati tidak mengandung protein yang lengkap seperti protein hewani dan lebih sulit diserap tubuh. 

  • Vitamin dan mineral

Meskipun dibutuhkan hanya dalam jumlah yang sedikit, pastikan untuk tetap mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti sayur dan buah. Jangan salah, vitamin dan mineral inilah yang menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama berpuasa. 

  • Lemak

Tubuh kita memang memerlukan lemak sebagai sumber energi. Lemak yang sehat berasal dari buah-buahan, seperti kelapa sawit dan alpukat. Namun, batasi konsumsi lemak agar tubuh tetap sehat, ya!
Yang terpenting, pastikan asupan gizi yang masuk saat sahur sesuai dengan hakikat Isi Piringku oleh Kementerian Kesehatan, ya!

Bagi kamu yang memilki riwayat kesehatan tertentu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait asupan gizi saat sahur dan berbuka demi kelancaran ibadah puasa ini. Jangan lewatkan artikel seputar tips-tips berpuasa lainnya hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.