Diterbitkan 2 Apr 2024

Bingung Mau Jual Buah Apa Saat Ramadan? Intip Beberapa Buah Paling Cuan, Yuk!

Lifestyle
Buah Paling Cuan

Bulan ramadan memang membawa berkah bagi semua manusia, termasuk para petani dan pedagang buah. Saat ramadan inilah penjualan buah-buahan meningkat karena permintaan pasar juga banyak. Biasanya buah-buahan banyak dikonsumsi saat berbuka puasa. Kira-kira apa saja ya buah-buahan yang jadi paling cuan saat ramadan

Sumber: Flickr

Pisang

Saat ramadan, tentu saja buah paling cuan pertama adalah pisang yang menjadi primadona setelah buah kurma. Untuk membuat kolak pisang, jelas membutuhkan pisang kepok sebagai bahan utamanya. Pisang kepok bisa juga lho ditanam di pekarangan rumah, jadi tidak perlu pusing memikirkan dimana budidaya pisang yang tepat. Produksi pisang menjadi yang paling banyak di Indonesia, lho. Harga jualnya mulai dari Rp 8.000 – Rp. 30.000 tergantung dengan ukuran dan kondisi kematangan pisang.

Pisang mengandung serat yang bermanfaat untuk menyiapkan lambung sebelum makan makanan yang berat. Pisang juga terkendal dengan kandungan kalium yang tinggi. Kalium inilah yang membantu menggantikan cairan yang hilang dari tubuh. 

Nanas

Tahukah kamu, nanas termasuk buah paling cuan dan banyak dibudidayakan di Indonesia? Menurut data dari BPS, produksi nanas di Indonesia sebesar 3,2 juta ton dan jumlah ini sudah meningkat 10.98%. Produksi nanas yang melimpah bisa menjadi salah satu buah yang cuan pas puasa seperti ini lho. Jangan salah, nanas dibanderol mulai dari Rp 6.900 – Rp 20.000 per buahnya. Tentu saja harga tersebut berdasarkan jenis dan ukuran buah nanasnya. 

Selain cuan, nanas mengandung vitamin yang diperlukan tubuh seperti vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B1. Kandungan airnya juga membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian penuh berpuasa.

Jeruk Siam

Sebagai buah tropis, jeruk siam menjadi salah satu buah yang banyak diproduksi di Indonesia. Pada tahun 2022 saja produksinya mencapai 2,7 juta ton. Harga jualnya juga relatif murah sekitar Rp 20.000/kg. Keuntungan yang bisa diperoleh mencapai Rp 20 juta per tahunnya.

Jeruk siam juga membawa manfaat jika dikonsumsi saat berbuka. Jeruk siam mengandung vitamin C, antioksidan, dan cukup banyak air untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh yang hilang. Yang tak kalah penting juga, terdapat vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Untuk yang mempunyai penyakit maag, sebaiknya hindari makan jeruk siam saat perut kosong, ya.

Alpukat

Alpukat menjadi buah yang banyak diminati di Indonesia. Biasanya alpukat diolah menjadi jus alpukat, alpukat kocok, dan campuran minuman lainnya yang biasanya dinikmati saat berbuka puasa. Apakah jual alpukat termasuk cuan saat bulan ramadan? Modal yang diperlukan untu budidaya 50 batang alpukat hanya Rp 750.000,- dan saat usianya sudah 9 bulan akan memiliki nilai jual Rp 100.000/batang. Kabarnya buah alpukat yang dijual dapat menghasilkan pendapatan hingga Rp 100 juta, lho! Cuan banget, kan? Alpukat juga dapat menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi saat berbuka puasa, lho. Simak selengkapnya pada artikel Tidak Melulu Kurma, Inilah Buah yang Cocok Menemani Buka Puasa yang Menyehatkan

Blewah

Blewah memang sangat booming saat ramadan. Biasanya blewah digunakan untuk bahan utama pembuatan es blewah yang diminum saat buka puasa. Jangan salah, dengan penjualan buah blewah yang meningkat tajam, tentu saja sebanding dengan keuntungan yang melejit. Dengan harga jual hanya Rp 5.000 – Rp 6.000 per kilogramnya, petani blewah dapat menghasilkan pendapatan Rp 100 juta per hektar. Wow banget, kan?

Nah, itulah beberapa buah yang cuan saat ramadan. Bahkan beberapa diantaara buah tersebut masih dikonsumsi saat lebaran. Ingin berbudaya buah yang menghasilkan banyak cuan? Temukan tips dan rekomendasinya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin