Diterbitkan 9 Mar 2024

Tidak Melulu Kurma, Inilah Buah yang Cocok Menemani Buka Puasa yang Menyehatkan [Infografis]

Lifestyle
Buka Puasa

Buah, buah  apa yang selalu dikonsumsi saat buka puasa? Kebanyakan orang pasti akan mengonsumsi buah kurma untuk membatalkan puasa sekaligus melestarikan tradisi berbuka dengan yang manis-manis. Lantas, apakah hanya kurma yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa? 

Pada dasarnya mengonsumsi buah memang baik untuk kesehatan, terlebih jika mengonsumsinya sebelum makan atau ketika perut masih kosong. Ketika kita berpuasa, perut kita tidak terisi makanan lebih dari 10 jam. Memutuskan membatalkan puasa dengan memakan buah-buahan tentu sangat tidak masalah, asalkan tidak memiliki riwayat kesehatan tertentu seperti gastritis. Agar membatalkan puasa tetap aman, berikut ini Gokomodo berikan tips dan  daftar buah selain kurma untuk menemani buka puasamu nanti.

Tips Memilih Buah yang Cocok Menemani Buka Puasa

Ada banyak jenis buah yang tersedia di pasaran. Tetapi tidak semuanya cocok untuk dikonsumsi untuk membatalkan puasa. Kira-kira buah yang seperti apa ya yang cocok untuk membatalkan puasa? Pastikan buahnya memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Pilih buah yang mengandung serat, semakin banyak serat semakin baik untuk pencernaan. 
  • Jangan lupa memilih buah yang banyak mengandung vitamin dan mineralnya.
  • Pastikan buah yang dikonsumsi mampu menggantikan energi dan cairan yang hilang saat berpuasa seharian penuh. 
  • Buah yang mengandung banyak enzim lebih disarankan karena mampu membantu pmemecah protein sehingga protein lebih mudah dicerna. 

Setelah mengetahui kriterianya, berikut ini Gokomodo berikan beberapa rekomendasi buah yang cocok untuk membatalkan puasa.

Apel

Apel mengandung serat yang baik dikonsumsi sebelum memulai makanan berat lainnya. Serat dalam apel mampu melindungi lambung dari makanan yang mungkin menyebabkan masalah pencernaan. Selain itu, apel juga ramah untuk penderita diabetes karena rendah gula. Tidak hanya itu saja, apel dilengkapi dengan antioksidan dan vitamin C 

Semangka

Sumber: Penny Appeal

Semangka yang dikonsumsi saat berbuka puasa memberikan kesegaran tersendiri, apalagi jika dicampur dengan es buah. Alasan semangka dapat menjadi teman berbuka puasa yaitu mengandung banyak air, rendah kalori, rendah lemak, serta mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Jadi, tidak perlu khawatir kekenyangan ya setelah makan semangka saat berbuka nanti. 

Alpukat

Biasanya alpukat enak diolah menjadi jus alpukat. Tetapi alangkah baiknya mengonsumsi buah alpukat tanpa pemanis tambahan ketika berkuka. Alpukat saja telah mengandung banyak lemak baik yang mampu menggantikan energi yang telah terbuang saat berpuasa seharian. Selain lemak nabati yang sehat, alpukat mengandung antioksidan, vitamin, mineral, folat, tembaga, dan kalium. Karena kalorinya yang cukup tinggi, disarankan untuk tidak makan alpukat berlebihan saat membatalkan puasa. Sayang sekali nanti makanan yang lain tidak dapat dinikmati, lho.

Blewah

Sumber: Kompas

Blewah menjadi salah satu buah-buahan tropis yang tumbuh dengan baik di Indonesia dan menjadi incaran masyarakat saat bulan puasa. Buah blewah umumnya dijadikan sebagai campuran es buah yang menyegarkan untuk membatalkan puasa. Blewah mengandung air yang cukup banyak sehingga mampu menggantikan cairan yang telah dikeluarkan saat puasa seharian penuh.

Pepaya

Kebanyakan orang mengkonsumsi pepaya saat sembelit, padahal memakannya saat berbuka puasa juga menyehatkan. Pepaya mengandung serat yang membantu melancarkan dan melindudngi organ pencernaan dari makanan yang membahayakan lambung. Ibaratnya dengan makan pepaya terlebih dahulu sebelum memakan makanan buka puasa akan mencegah lambung ‘kaget’ karena seharian tidak terisi makanan. 

Semua buah-buahan diatas sudah cocok untuk berbuka puasa nanti. Sudah terbayang mau buka puasa dengan makan buah apa? Jika masih belum terbayang, simak artikel Cegah Kolesterol Naik Saat Lebaran dengan Konsumsi Buah-buahan Berikut dan artikel seputar buah-buahan lainnya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin