Diterbitkan 18 Apr 2024

Biodiesel Kelapa Sawit Menuju B40 : Bukti Pemanfaatan Kelapa Sawit Untuk Lingkungan Yang Lebih Baik

Agri Edu

Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, perkebunan besar di Indonesia didominasi oleh tanaman kelapa sawit pada 2023. Luasnya mencapai 9,14 juta hektare (ha), atau bertambah 569,8 ribu ha dari tahun sebelumnya yang sebesar 8,57 juta ha.  Pada hakekatnya, kelapa sawit Indonesia dan produk turunannya bersaing karena kita menguasai supply chain dari bahan baku hingga produk akhir, dimana mengandung 87 persen komponen domestik.

Tanaman kelapa sawit tidak hanya menjelma menjadi penyumbang paling penting devisa negara dari nilai ekspor yang terus meningkat, namun juga menjadi penggerak perkenomian wilayah, menyerap tenaga kerja dan mengentaskan kemiskinan di pedesaan. Salah satu upaya yang dapat diterapkan adalah dengan penggunaan bahan bakar biodiesel kelapa sawit B40.

Perencanaan Uji Coba Program Biodiesel Kelapa Sawit B40

Saat ini pemerintah sedang berfokus untuk perencanaan Aksi Nasional Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan. Saat ini yang sudah terlaksana ialah program kelapa sawit yang sudah tersertifikasi RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) adalah kelapa sawit yang berkelanjutan. Kelapa sawit mampu memenuhi kebutuhan dunia akan minyak nabati, karena menggunakan hanya sepersepuluh luas lahan tanaman lain untuk memproduksi volume minyak yang sama dengan minyak nabati lainnya.

Program untuk terus memperdayakan kelapa sawit tidak hanya sampai disitu. Pemanfaatan Biodiesel B40 menjadi target utama setelah berhasil pencampuran 35% (B35). Program Biodiesel B40 sudah dilakukan uji coba agar melihat efektivitas dan efisiensinya. Harapannya dengan program ini dapat menyerap lebih banyak penggunaan Crude Palm Oil (CPO) di dalam negeri.

Dengan terus mengembangkan industri hilir dan menggencarkan penggunaan biodiesel. Indonesia dapat terus memegang penuh sebagai negara memiliki industri berkelanjutan dan bertanggung jawab. Inilah seputar pemanfaatan Biodiesel B40 yang smeoga akan direncanakan dengan baik kedapannya. Pantau terus informasi seputar agri hanya melalui website Gokomodo, ya! Baca lainnya- Minyak Sawit: Pilihan Terbaik dengan Keunggulan Yang Tak Tertandingi.




Segera kunjungi GokoMart Nanga Tayap di Kalimantan Barat dan dapatkan kebutuhan seputar agri input untuk budidaya tanaman. Jangan lewatkan kesempatan ini, ya! Informasi selengkapnya hubungi – 081112544404

whatsapp
twitter
facebook
linkedin