Diterbitkan 7 Dec 2023

Buah Besar dan Manis dengan NPK Pembesar Buah

Agri Edu
NPK Pembesar Buah

Jika membahas pupuk NPK tentu tidak ada henti-hentinya. Ada banyak jenis pupuk NPK yang beredar di pasaran dan masing-masing memilki kandungan yang berbeda disesuaikan dengan pertumbuhan tanaman. Penggunaan pupuk NPK terkenal karena kandungan unsur hara makro yang dibutuhkan untuk pertumbuhan vegetatif maupun generatif tumbuhan. Pada beberapa jenis pupuk NPK, ada Pupuk NPK Booster: Pupuk untuk Meningkatkan Kualitas Buah dan ada juga pupuk NPK khusus pembesaran buah. 

Sumber: Samuel’s Garden

Penggunaan Pupuk NPK untuk Pembesaran Buah

Umumnya pupuk NPK mengandung komposisi unsur hara makro yang sama. Misalnya, sering dijumpai pupuk NPK dengan kadar 15-15-15 yang berarti kadar nitrogen sebanyak 15%, fosfat 15%, dan kalium 15%. Masing-masih unsur hara makro memilki perannya tersendiri. Nah, untuk NPK pembesar buah, disarankan menggunakan pupuk dengan kadar kalium yang tinggi.

Unsur kalium memilki kegunaan lain seperti pengatur proses fotosintetis, akumulasi, translokasi, transportasi karbohidrat, mengatur pembukaan stomata, serta mengatur distribusi air. Oleh karena itu, beberapa pupuk NPK berikut disarankan untuk pembesaran buah

NPK Mutiara Grower

Pupuk NPK Mutiara Grower memiliki formulasi NPK sebanyak 15-09-20 dan dilengkapi dengan TE. Pupuk ini terkenal untuk pertumbuhan dan pembesaran buah. Kandungan nitrogen tersedia dalam bentuk nitrat-nitrogen dan amonium nitrogen dengan kegunaan mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan hasil panen.

Sedangkan kandungan kalium tinggi berguna sebagai pengatur keseimbangan air dalam sel, pembentukan protein, dan memperkuat daya tahan tanaman terhadap penyakit. Selain itu kalium juga berfungsi untuk meningkatkan hasil produksi dari segi warna, rasa, dan daya simpannya.

Pupuk Aneka Buah

Pupuk Aneka Buah memilki formulasi NPK sebanyak 15-20-35 dengan tambahan SP. Bahan dasar pupuk aneka buah yaitu Chilie Nitrat (CPN) yang bersifat netral sehingga lebih mudah diserap oleh akar tanaman dibandingkan dengan pupuk NPK pada umumnya. Pupuk ini berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tunas bunga serta penyedia unsur sulfur dan P2O5 sehingga buah tumbuh lebih besar dan rasa lebih manis. 

Pupuk Yara Mila Winner

NPK Yara Mila Winner dilengkapi dengan kandungan NPK sebanyak 15-09-20 serta dilengkapi dengan magnesium, sulfat, dan TE lainnya. Karena pupuk ini mengandung unsur hara makro dan mikro yang banyak, maka pemakaiannya lebih efisien hanya dengan satu aplikasi saja. Ditambah lagi dengan kandungan nitrogen dan kalium tinggi yang mendukung percepatan pertumbuhan buah serta meningkatkan kualitas dan ukuran besaran buah. 

Pupuk NPK Merah Putih

NPK Merah Putih merupakan pupuk dengan kandungan NPK 19-16-30. Pupuk ini cocok digunakan pada tanaman yang memasuki fase generatif. Keunggulan dari produk ini selain tinggi unsur nitrogen dan kalium ialah meningkatkan produksi panen, meningkatkan ketahanan tanaman dari penyakit dan iklim yang tidak menentu, serta menjadikan buah lebih besar dan berbobot.

Pupuk Mutiara Partner

Pupuk NPK Mutiara Partner memilki kandungan NPK sebanyak 13-13-24 dan terkenal dengan kandungan kalium yang tinggi. Manfaat yang dirasakan setelah penggunaan pupuk ini yaitu tanaman menjadi tumbuh lebih sehat, peningkatan hasil produksi seperti pembesaran buah dan jumlah yang meningkat, serta meningkatkan kualitas buah lainnya. 

Semua pupuk NPK pembesar buah rekomendasi Gokomodo tentunya dalam sediaan padat, seperti prill maupun granul yang fleksibel sehingga mudah diaplikasikan pada tanaman. Pupuk NPK dengan sediaan padat dapat diaplikasikan dengan cara ditabur, dibenamkan, maupun dikocorkan.

Selalu diingat untuk memilih pupuk pembesar buah, pilihlah dengan kandungan kalium tertinggi. Dapatkan pupuk pembesar buah lainnya di Mitra Gokomodo terdekat, ya. Jangan lupa untuk rajin membaca artikel tentang pertanian lainnya hanya di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin