Diterbitkan 1 Nov 2023

Cara Mengendalikan Gulma Tanaman Padi dengan Herbisida Padi Berikut!

Tips / Tutorial
herbisida padi

Gulma memang menjadi salah satu musuh bagi petani yang dapat mengganggu bahkan memberi dampak penyakit pada tanaman. Dampak yang timbul akibat keberadaan gulma ini terkadang tidak instan dan kasat mata sehingga kamu harus memperhatikan perkembangan tanaman.

Penting untuk mengendalikan gulma terutama pada padi, mengingat padi merupakan sumber kebutuhan pokok bagi masyarakat. Penggunaan pestisida jenis herbisida padi ini digadang-gadang paling ampuh untuk membasmi gulma dengan dosis yang tepat. Berikut cara mengendalikan gulma padi dan memilih jenis herbisida yang tepat untuk tanaman padi.

Cara Mengendalikan Gulma pada Padi

Tidak perlu menunggu kehadiran gulma karena kamu bisa melakukan upaya pencegahan agar dapat meminimalisir campuran biji gulma. Caranya yaitu dengan sanitasi lahan sebelum membudidayakan tanaman untuk menghindari adanya biji gulma dalam benih maupun alat pertanian.

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan mulsa saat menanam padi atau yang dikenal dengan kemul sawah. Disebut demikian karena teknik mulsa dilakukan dengan menutupi lahan sawah menggunakan plastik yang berlubang untuk menanam padi. Material mulsa yang digunakan dapat menjaga kelembaban tanah dan menekan pertumbuhan gulma.

Melakukan Pengendalian Mekanik

Jika gulma terlanjur menyerang tanaman padi, maka cara paling sederhana untuk membersihkannya adalah dengan pengendalian mekanik. Cara ini mungkin akan menguras tenaga karena kamu perlu melakukan pemangkasan atau mencabut secara manual.

Gulma berupa rumput liar yang telah terkumpul selanjutnya bisa dibakar atau diberikan pada ternak jika kondisinya memungkinkan. Selain itu, kamu juga dapat memberikan genangan air hanya saja perlu diperhatikan jumlahnya agar tidak berdampak pada tanaman padi.

Menggunakan Herbisida yang Tepat

Herbisida menjadi jalan paling mudah bagi petani untuk mengendalikan gulma karena dapat menghemat waktu sekaligus tenaga. Meski demikian, kamu harus memperhatikan beberapa hal untuk memilih herbisida yang tepat pada padi.

Diantaranya yaitu dengan memperhatikan jenis gulma yang menyerang sehingga bisa memilih herbisida dengan kandungan formula yang sesuai. Dengan mengetahui jenis herbisida yang tepat, selanjutnya kamu perlu memperhatikan cara penggunaan.

Perhatikan Teknik Penggunaan

Pastikan untuk mengaplikasikan herbisida dengan dosis atau pun yang tepat, sesuai yang dianjurkan. Pemilihan waktu saat memberikan herbisida dan cara pengaplikasiannya juga harus berdasarkan petunjuk penggunaan. 

Waktu yang paling tepat adalah saat pagi atau sore hari saat stomata tanaman terbuka dan kondisi cuaca sedang cerah. Sedangkan cara pengaplikasiannya cukup beragam mulai dari ditabur, disemprot, atau dicampur dengan pupuk maupun pestisida.

Herbisida Padi Paling Ampuh

Diantara banyaknya jenis herbisida padi yang ditawarkan di pasaran, mungkin kamu masih butuh referensi yang tepat. Apalagi jika kamu masih baru dalam bidang pertanian ini, maka dapat memilih antara beberapa rekomendasi berikut.

Ultron 25/18i

Herbisida jenis ini mengandung dua bahan aktif sekaligus yakni Metil bensulfuron dan Natrium bispiribak. Kandungan bahan aktifnya yang cukup ini membuat spektrum efikasi yang lebih luas tapi tetap aman untuk padi. Oleh karena itu, penting untuk mematuhi petunjuk penggunaan terutama dosis yang diperbolehkan saat penggunaan herbisida ini.

Broad Plus 77 WP

Jika ingin mencari herbisida yang memiliki lebih banyak bahan aktif, Board Plus 77 WP memiliki 3 bahan aktif sekaligus. Yakni etil klorimuron, metil metsulfuron, dan 2,4-D natrium dengan bentuk formulasi berupa butiran tepung berwarna putih. Namun mengingat kandungan aktifnya yang banyak maka pastikan mematuhi dosis penggunaan yang aman.

Rover 20 WG

Rover 20 WG merupakan produksi PT Tanindo Subur Prima yang memiliki bahan aktif metil bensulfuron 20%. Bentuk formulasinya berupa butiran seperti tepung yang mudah terdispersi dengan air sehingga mudah dilarutkan. 

Rumpas 120 EW

Bahan aktif yang dimiliki Rumpas 120 EW ini adalah Fenoksaprop-P-etil 120 g/l yang sangat ampuh untuk membasmi gulma. Herbisida pembasmi gulma produksi PT Bayer Indonesia ini memiliki bentuk formulasi berupa emulsi warna putih yang pekat.

Sekian ulasan mengenai cara yang tepat untuk mengendalikan gulma pada padi agar tidak mengganggu pertumbuhannya. Kamu bisa memilih beberapa rekomendasi herbisida padi paling ampuh dari daftar ini dan membaca Kupas Tuntas Herbisida Kontak: Pengertian, Keunggulan, dan Rekomendasinya di website Gokomodo untuk menambah wawasan.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin