Diterbitkan 11 Apr 2024

Cari Obat Hama Cabe Paling Ampuh? Ini Produk yang Bisa Kamu Pilih!

Agri Edu
obat hama cabe paling ampuh

Kehadiran hama dalam budidaya tanaman memang harus segera diatasi agar tidak semakin menyebar atau bahkan menggagalkan panen. Oleh karena itu, kamu wajib cermat memilih obat hama yang paling ampuh termasuk saat ingin membasmi hama pada tanaman cabe.

Diantara banyaknya obat hama cabe yang ditawarkan, biasanya memiliki keunggulan dan harga yang bervariasi. Berikut aneka obat hama cabe paling ampuh sebagai rekomendasi untuk kamu agar bisa segera membebaskan tanaman cabe dari serangan hama.

Sumber: iStock

5 Obat Hama Cabe Paling Ampuh

1. Vayego 200 SC

Vayego merupakan insektisida sistemik yang mengandalkan racun kontak dan lambung. Obat hama ini hanya memiliki satu jenis bahan aktif yakni tetraniliprol 200 gram per liter. Meski demikian, bahan aktif ini sangat unggul terutama dalam mengendalikan hama ulat dan penggorok daun.

Pasca pemberian Vayego, ulat akan secara cepat berhenti makan dan dalam waktu 1 hingga 2 jam setelah makan, ukuran larva akan mengecil. Selain menghentikan keberadaan ulat, Vayego juga mampu menghentikan siklus dari hama ulat dengan membasmi kaper atau ngengat.

2. Integrate 40 WG

Integrate diformulasikan dalam bentuk butiran untuk mengendalikan hama penggerek buah, kutu daun, dan trips. Obat hama yang memiliki cara kerja sistemik dan translaminar ini bahkan mengandung bahan aktif yang sangat mahal. Kandungan bahan aktifnya meliputi Spinetoram 20% dan Sulfoksaflor 20% yang berperan dalam mengendalikan ulat.

Kandungan bahan aktif tersebut memiliki spektrum yang cukup luas dengan dosis penggunaan 0,5 gram per liter. Pengaplikasiannya dilakukan dengan interval seminggu sekali pada tanaman cabe umur 12 hingga 14 hari setelah tanam. Dengan satu obat ini, kamu bisa mengendalikan hama wereng, kupu, lalat buah dan penggerek.

3. Minecto Xtra 200 SC

Terdapat dua bahan aktif yang terkandung dalam Minecto yaitu siantraniliprol 200 gram dan lufenuron 200 gram per liter. Siantraniliprol mampu mengatasi hama kutu kebul, penyebab virus kuning pada tanaman cabe. Sedangkan lufenuron berguna untuk menghambat biosintesis kitin hama yang terdapat pada dinding sel jamur untuk mengendalikan infeksi.

4. Metha 400 EC

Metha 400 EC mengandung dimetoat 400 g/l yang bekerja secara sistemik untuk mengendalikan hama lalat. Selain itu, Metha juga bisa digunakan untuk membasmi ulat trips, penggerek buah, aphid, wereng, dan sebagainya.Obat ini diformulasikan dalam bentuk pekatan emulsi berwarna kuning bening dalam kemasan botol berisi 500 ml.

5. Iguana 50 EC

Iguana 50 EC hanya memiliki satu bahan aktif yaitu emamektin benzoat 50 g/l yang ampuh mengendalikan hama ulat buah. Obat ini sangat mudah diaplikasikan memiliki harga yang cukup terjangkau, dan memiliki kualitas unggul. Cara kerjanya berupa sistemik sebagai racun kontak dan lambung untuk membasmi aneka jenis ulat.

Itu dia 5 obat hama cabe paling ampuh yang bisa kamu gunakan. Selain obat hama, ketahui juga pupuk terbaik untuk tanaman cabe dengan membaca artikel Baru Mulai Tanam Cabai? Coba Ketahui Pupuk Khusus Untuk Cabai Baru Tanam berikut di website Gokomodo.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin