Diterbitkan 7 Oct 2024

Cari Pupuk Fosfat Terbaik? Simak Rekomendasi Berikut In

Agri Edu
Pupuk Fosfat

Unsur hara yang tersedia di lingkungan cukup melimpah, namun keberadaannya tidak merata di setiap wilayah. Penting untuk memenuhi kebutuhan unsur hara untuk tanaman dengan cara memberikan pupuk dengan kandungan unsur tertentu seperti pupuk fosfat – Macam Pupuk Fosfat Berdasarkan Sumbernya.

Pemberian fosfat juga harus dipertimbangkan sesuai dengan dosisnya karena baik kekurangan atau kelebihan fosfat akan berdampak pada tanaman. Simak ulasan berikut untuk mengetahui produk pupuk fosfat terbaik untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

sumber: iStock

Rekomendasi Pupuk Fosfat

Fertiphos Pak Tani

Fertiphos memiliki kadar fosfat 20% yang dilengkapi dengan aneka unsur seperti Magnesium, Sulfur, Silika, Boron, dan Kalsium. Adanya tambahan unsur kalsium pada pupuk ini dapat mengurangi keasaman tanah. Jenis pupuk ini sangat multifungsi karena dapat diberikan pada tanaman pangan, tanaman hortikultura, maupun tanaman perkebunan. 

Fertiphos Sawit Pak Tani

Pemberian pupuk fosfat yang lebih efektif untuk tanaman sawit bisa menggunakan Fertiphos Sawit dari Pak Tani. Pupuk ini cocok untuk tanaman TBM maupun TM sebagai sumber fosfat dengan tambahan kalsium 15%. Aplikasi pupuk dapat dilakukan dengan cara disebar di sekeliling sawit secara melingkar dengan jarak dari batang radius ⅔ lebar tajuk.

Phosgro Pak Tani

Pupuk fosfat lain dengan inovasi baru dari Pak Tani dengan kandungan fosfat 20% adalah Phosgro. Pemberian Phosgro mampu merangsang pertumbuhan akar dan meningkatkan kualitas hasil tanam, terutama biji-bijian. Meski termasuk produk baru, Phosgro cukup mudah dijumpai dalam kemasan ukuran 50 kg berbentuk granular dengan warna abu-abu.

Phosgreen Petrokimia Gresik 

Phosgreen mengandung 20% P2O5 dan 20% CaO dengan tambahan MgO sebanyak 3%. Tingginya kandungan Ca dan S pada pupuk ini mampu memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah sampai ke lapisan bawah (subsoil). Dengan demikian, pemberian pupuk phosgreen dapat memicu pertumbuhan akar dan membentuk sistem perakaran yang baik.

SP – 26 Petrokimia Gresik

Produk pupuk fosfat lain yang dimiliki PT Petrokimia Gresik adalah SP – 26, pupuk majemuk dengan kandungan unsur hara P dan S yang tidak higroskopis. Pupuk berbentuk granular abu kecoklatan ini akan merangsang pertumbuhan akar, merangsang pertumbuhan sejumlah protein tertentu, serta membantu asimilasi dan pernapasan tumbuhan.

Floraphos – SP 27

Sesuai namanya, pupuk sumber hara fosfat yang satu ini mengandung P2O5 sebanyak 27%. Tersedia dalam kemasan 50 kg. Floraphos berbentuk butiran granular berwarna abu-abu seperti fosfat pada umumnya. Penggunaan pupuk ini dapat mengatasi gejala tanaman kerdil dan masalah pembuahan dengan efektif karena kandungannya mudah larut.

Fosfat Alam Mukti Hasil

Bagi kamu yang mencari pupuk fosfat dengan persentase yang lebih kecil, pilih Fosfat Alam 15%. Kandungan unsur hara makro dan mikro dalam pupuk ini akan meningkatkan produksi panen dan memperkuat tanaman dari serangan hama dan penyakit. Pupuk ini juga dapat meningkatkan pH tanah sehingga meningkatkan penyerapan unsur hara bagi tanaman.

Ada banyak produk pupuk fosfat yang tersebar di pasaran yang bisa kamu pilih. Meski begitu, kamu tetap harus teliti dan memastikan bahwa produk yang dijual oleh toko memang benar-benar asli. Sebab, penggunaan pupuk palsu dapat menimbulkan permasalahan baru bahkan membuat tanaman mati.

Nah, salah satu toko pertanian yang menjual produk pupuk dijamin asli dan berkualitas adalah GokoMart. Toko pertanian modern ini menyediakan berbagai produk pupuk, pestisida, serta alat-alat pertanian lainnya dengan harga yang bersaing. Tak hanya mendapatkan pelayanan yang ramah, belanja di GokoMart juga dijamin untung karena ada berbagai promo yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, belanja sekarang!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin