Diterbitkan 28 Aug 2024

Cari Tahu tentang Fungisida Sistemik beserta Rekomendasi Produk Terbaik

Agri Edu
Fungisida sistemik

Pengendalian hama dan penyakit tanaman menjadi salah satu hal utama yang perlu dilakukan dengan seksama dalam budidaya tanaman. Seperti yang kita ketahui bersama, jenis organisme pengganggu tanaman (OPT) yang menjadi patogen penyebab penyakit cukup beragam, seperti fungi, bakteri, virus, dan lainnya.

Tentunya dalam mengendalikan hama dan penyakit tanaman, kamu perlu melakukannya dengan tepat, sesuai dengan jenis patogen yang menyerang. Contohnya, jika terjadi serangan akibat keberadaan fungi, maka diperlukan fungisida sistemik dengan bahan aktif tertentu. Mau tahu lebih lengkap? Simak ulasan berikut agar kamu lebih paham mengenai fungisida sistemik dan pilihan produk terbaiknya.

Mengenai Fungisida Sistemik 

Fungisida sistemik merupakan jenis pestisida yang mengandung senyawa kimia tertentu untuk mengendalikan jamur patogen penyebab penyakit tanaman. Mengandung beberapa bahan aktif yang cukup populer di jajaran fungisida, diantaranya bitertanol, tebukonazol, piraklostrobin, dan fluopyram – Terbukti Ampuh, Inilah Bahan Aktif Fungisida yang Sering Digunakan.

sumber: iStock

Kandungan senyawa kimia pada fungisida sistemik yang diaplikasikan pada tanaman dapat ditranslokasikan ke bagian tanaman lainnya. Jenis fungisida ini juga tidak perlu melakukan kontak langsung dengan patogen saat diaplikasikan. Dengan demikian, teknik pemberian fungisida sistemik cukup beragam seperti melalui daun, tanah, maupun batang.

Rekomendasi Beberapa Merek Fungisida Sistemik

  • Foxxin

Jika dibandingkan dengan beberapa merek lain, Foxxin memang ditawarkan pada kisaran harga yang cukup tinggi. Pasalnya, fungisida sistemik ini juga bisa difungsikan sekaligus sebagai produk bakterisida.

Teknik aplikasi Foxxin juga cukup beragam, yakni dapat dikucurkan pada akar maupun disemprotkan pada daun. Meski berbeda cara aplikasinya, dosis yang dianjurkan untuk kedua teknik tersebut tidak ada perbedaan, yaitu cukup dengan mencampurkan 1 tutup botol produk dengan 15 liter air. 

  • Sagri Treat 

Sagi Treat merupakan fungisida sistemik yang multifungsi karena dapat mengendalikan busuk pada buah, daun, maupun batang. Selain fungsi utamanya untuk melindungi tanaman dari penyakit busuk, fungisida yang satu ini juga dapat mendorong pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur.

Kandungan bahan aktif yang dimiliki fungisida ini juga cukup jarang ditemukan pada fungisida lain, yaitu fluzinazole dan myclobutanil.

  • Kivalo

Meski terbilang baru di pasaran, Kivalo dapat diandalkan untuk membasmi hama patogen fungi berkat kandungan tebukonazol dan fluopiram. Gabungan keduanya mampu menghambat patogen pada 3 fase perluasan penyakit, yaitu pengecambahan, inkubasi, dan sporulasi.

Dengan dosis penggunaan sebanyak 1,5 ml per liter, Kivalo dapat membasmi gejala penyakit antraknosa pada cabai dengan sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan hanya 3 kali aplikasi, gejala penyakit antraknosa langsung lenyap.

  • Luna Smart 

Fungisida Luna Smart mengandung dua bahan aktif sekaligus yang memiliki efikasi tinggi, yaitu fluopyram dan trifloksistrobin. Keduanya mampu bekerja secara preventif dan kuratif sehingga tidak hanya berfungsi untuk mencegah tetapi juga dapat mengobati. Produk ini juga sangat tepat digunakan untuk membasmi penyakit antraknosa pada tanaman cabai. Kamu bisa menggunakan Luna Smart dengan dosis 1 ml per liter air untuk mendapatkan hasil yang optimal disetiap aplikasinya.

Itulah penjelasan mengenai fungisida sistemik yang bisa kamu jadikan panduan untuk mengatasi serangan hama fungi. Dengan melakukan penanganan yang tepat, kerugian yang timbul akibat serangan fungi juga dapat diminimalisir. Jika kamu membutuhkan fungisida sistemik, Gokomodo menyediakan berbagai produk fungisida terbaik yang bisa menjadi solusi masalah tanamanmu.

Kamu bisa mengunjungi gerai GokoMart terdekat, yang saat ini sudah tersedia di GokoMart Bodok, GokoMart Muara Telang, GokoMart Nanga Tayap, GokoMart Tayan, GokoMart Sosok, GokoMart Ngabang, GokoMart Mukok, GokoMart Bengkayang, GokoMart Balai Karangan, dan GokoMart Anjongan. Tertarik berbelanja produk pertanian bersama kami? Cek lokasinya disini, yuk! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin