Diterbitkan 15 Feb 2024

Catat! Begini Tips Mendapatkan Durian Besar dan Manis

Tips / Tutorial
durian besar dan manis

Meski banyak dijuluki sebagai rajanya buah, tidak semua durian memiliki rasa yang lezat. Pohon yang bukan berasal dari bibit unggulan akan menghasilkan buah yang biasa saja, baik dari segi aroma yang kurang semerbak, rasa yang cenderung hambar, serta daging buah yang tipis. 

Agar kamu tidak kecewa saat membeli durian, kamu perlu mengetahui beberapa tips mendapatkan buah durian yang besar dan manis. Tips ini dapat kamu ikuti ketika akan membeli durian di pinggir jalan, di toko buah, maupun langsung di kebun petani. Penasaran seperti apa? Simak artikel dari Gokomodo berikut ini, yuk!

Tips Mendapatkan Durian Besar dan Manis

1. Bentuk buah

Mendapatkan durian yang berkualitas memang susah-susah gampang. Namun, informasi dari para penjual buah ini, pilihlah durian dengan bentuk bulat. Tidak hanya mendapatkan isian yang lebih banyak dari durian berbentuk lonjong, kamu juga akan mendapatkan daging buah yang lebih tebal.

2. Bentuk duri

Setelah melihat bentuk buah durian secara umum, selanjutnya adalah memperhatikan dengan baik bentuk duri buah yang satu ini. Agar mendapatkan durian yang paling besar, manis, dan matang, kamu bisa memilih buah dengan bentuk duri pendek dan jarang. Sebagai perbandingan, durian dengan duri panjang dan rapat biasanya memiliki daging buah yang sedikit. 

Sumber: Miami Fruit

 

3. Kondisi Kulit

Tips mendapatkan durian besar dan manis juga bisa kamu lakukan dengan mengecek kondisi kulitnya. Sebagian orang biasanya akan memilih durian yang kondisi kulitnya sudah terbuka karena bisa melihat isi di dalamnya. 

Padahal, buah durian yang kondisi kulitnya sudah terbuka akan terasa hambar walaupun sudah berwarna kuning. Hal ini karena daging buah di dalamnya sudah terkena angin secara terus menerus sehingga membuat rasa manisnya berkurang. Oleh karenanya, selalu utamakan membeli durian yang kondisi kulitnya masih tertutup rapat.

4. Pukul kulit

Tanda lain yang dapat memberikan petunjuk buah durian dengan kualitasnya baik adalah keberadaan suara gema yang mengarah ke dalam ketika kulit durian dipukul. Suara ini menandakan bahwa buah durian sudah masak dan bisa segera dinikmati.

Kamu bisa menggunakan pisau atau benda lain untuk memukul-mukul kulit durian hingga terdengar suara. Perhatikan dengan baik suara yang ditimbulkan, sebab suara yang seakan memantul keluar menandakan bahwa buah durian masih dalam kondisi mentah.  

5. Cium aromanya

Terakhir adalah mencium aroma buah durian dari luar. Pada durian yang memiliki daging buah yang besar dan manis, aromanya akan mudah dikenali walaupun belum dibelah sekalipun. Kamu cukup mengangkat buah durian, lalu mendekatkannya ke area hidung. 

Rasakan dengan baik aroma harum yang khas dari buah durian pilihanmu. Jika kamu tidak menemukan aroma semerbak tersebut, segera pilih durian yang lain agar kamu tetap bisa menikmati durian yang besar dan manis. 

Mendapatkan durian berkualitas baik memang membutuhkan waktu yang cukup lama diawal. Namun jika kamu sudah terbiasa mempraktikkan tips ini, kamu tentu akan jauh lebih mudah saat akan membeli durian. Nah, apakah kamu tertarik dengan olahan durian lainnya? Cobalah Empat Olahan Durian Lezat Berikut Ini!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin