Diterbitkan 12 Feb 2024

Cobalah Empat Olahan Durian Lezat Berikut Ini!

Lifestyle
Olahan durian

Durian merupakan salah satu buah yang digemari masyarakat Indonesia. Aromanya yang sedap ditambah dengan rasa yang khas membuat buah berduri ini menjadi primadona banyak orang. Selain itu, buah durian juga memiliki daging buah yang lembut sehingga dapat dinikmati oleh segala usia.

Selain dinikmati secara langsung, buah durian juga bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Olahan makanan ini tentunya akan menambah variasi dalam menikmati durian sehingga tidak akan terasa membosankan. Nah, apa saja olahan durian yang bisa kamu coba? Simak informasi dari Gokomodo di bawah ini, yuk!

Variasi Olahan Durian yang Lezat 

1. Ketan Durian

Olahan durian pertama yang bisa kamu coba adalah ketan durian. Olahan ini dibuat dengan cara yang cukup mudah, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Ketan durian merupakan sajian yang berupa nasi ketan kukus yang disajikan dengan vla durian. Vla inilah yang dibuat dari campuran daging durian, santan, gula aren, dan pandan. 

Dalam pembuatan ketan durian, rasa dan tekstur vla sangat dipengaruhi oleh pemilihan durian yang tepat. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih durian berkualitas baik agar hasilnya juga nikmat. Kenikmatan ketan durian ini bisa kamu temukan di wilayah Sumatera Utara, terutama pada saat perayaan khusus seperti pernikahan atau hari raya keagamaan.

2. Dodol Durian

Agar kenikmatan durian bisa kamu rasakan dalam waktu yang lama, kamu bisa mengolah daging buah ini menjadi dodol durian. Variasi olahan ini akan membuat dodol memiliki cita rasa istimewa dan aroma yang sangat lezat ketika dinimati, terutama untuk disajikan ke para tamu yang datang.

Adapun cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu menambahkan daging buah durian ke dalam adonan dodol lalu mengaduknya hingga merata. Semakin banyak daging buah yang ditambahkan, maka akan semakin nikmat pula cita rasa dodol yang dihasilkan.  

3. Pancake Durian

Bosan dengan olahan durian yang itu-itu saja? Kamu bisa mengolah daging buah berwarna kuning ini menjadi pancake yang kekinian. Tidak hanya disukai oleh kalangan orang tua, pancake durian juga sangat disukai oleh anak-anak karena memiliki bentuk yang menarik.

Sumber: iStock

Pancake durian merupakan perpaduan yang sempurna. Tekstur kulit pancake yang tipis berpadu dengan isian durian yang lembut sangat nikmat saat masuk ke dalam mulut, terutama jika dinikmati dalam keadaan dingin. Kenikmatan pancake durian ini bahkan telah menjadi oleh-oleh khas Medan ketika kamu sedang berkunjung di Sumatera Utara.

4. Sambal Tempoyak

Olahan durian terakhir yang bisa kamu nikmati adalah sambal tempoyak. Makanan khas dari daerah Palembang ini terbuat dari daging durian yang sudah masak dan biasanya sedikit berair. 

Untuk membuat sambal tempoyak, kamu cukup mencampurkan daging buah durian dengan cabai dan garam, lalu menyimpannya ke dalam wadah tertutup selama tiga sampai lima hari. Setelah masa penyimpanan selesai, kamu bisa menikmati sambal ini sebagai pelengkap nasi putih hangat dengan lauk seperti ikan mujair, ikan patin, maupun ikan nila. 

Empat olahan durian di atas merupakan alternatif masakan yang bisa kamu pilih apabila bosan menikmati durian secara langsung. Tidak hanya nikmat, durian juga memiliki manfaat bagi kesehatan – Inilah Jenis Durian yang Banyak Digemari dan Manfaatnya Bagi Tubuh!.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin