Diterbitkan 19 Jan 2024

Inilah Jenis Durian yang Banyak Digemari dan Manfaatnya Bagi Tubuh!

Tips / Tutorial
jenis durian

Tidak semua orang Indonesia gemar makan buah durian. Alasan utamanya tidak lain dan tidak bukan adalah baunya yang menyengat dan memilki rasa yang tajam. Padahal mengkonsumsi durian ternyata baik untuk tubuh. Nah, berikut Gokomodo ringkas beberapa manfaat buah durian yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Manfaat Buah Durian

Terlalu banyak mengkonsumsi durian akan menimbulkan efek samping seperti mata kemerahan, mual, dan juga pusing yang sering dikenal dengan sebutan ‘mabuk durian’. Padahal, mengkonsumsi durian dengan porsi yang wajar tentu saja membawa manfaat yang baik bagi tubuh, seperti:

  • Mencegah kanker karena mengandung antioksidan yang tinggi.
  • Serat buah durian dapat mencegah konstipasi, sembelit, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.
  • Buah durian juga mengandung anti-piretik pada sendri karena mengandung vitamin C. Selain itu vitamin C pada buah durian dapat mencegah penuaan dini, meningkatkan imunitas tubuh, serta meningkatkan kesehatan kulit.
  • Durian mengandung potasium, sehingga dapat menghindarkan dari kolesterol tinggi, penumpukan lemak dalam hati, serta menyehatkan jantung.
  • Mangan yang terkandung dalam durian mampu memperbaiki kurva insulin, sehingga dipercaya dapat mencegah diabetes.
  • Mikronutrien asam folat juga tak luput dari buah durian. Asam folat berperan membantu mencegah kekurangan sel darah merah.
  • Buah durian juga mengandung asam amino tryptophan yang mampu mengatasi insomnia, menstabilkan suasana hati, hingga mencegah depresi, lho.
  • Bagi orang dewasa yang memilki masalah dengan gairah seksual, mengkonsumsi buah durian dapat mengatasi disfungsi seksual, lho. Zat afrodisiak lah yang membantu mengatasi masalah disfungsi seksual dan mengubahnya menjadi gairah seksual.

Semua manfaat tersebut didapatkan dari mengkonsumsi durian jenis apapun. Nah, berikut Gokomodo pilihkan beberapa jenis durian lokal maupun asing yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Durian Musang King

Sumber: IDN Times

Durian Musang King merupakan durian yang berasal dari Negeri Jiran tetapi juga dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Jenis durian ini termasuk yang paling favorit diantara semua jenis durian yang enak. Yang membuat durian ini enak yaitu bijinya yang kecil sehingga daging buah durian terasa lebih banyak dan nikmat. 

Durian Sukun

Jenis urian Sukun merupakan durian yang berasal dari daerah Gempolan, Kabupaten Karanganyar. Durian Sukun memilki bentuk bulat panjang dengan kulit kekuningan serta durinya berbentuk kerucut kecil dan rapat. Daging buah Durian Sukun memiliki karateristik cukup tebal, kering, berlemak, dan bertekstur halus. Yang menjadi poin tambahan yaitu rasanya yang manis, bahkan lebih lezat dibandingkan durian varietas pendatang.

Durian Petruk

Durian Petruk meruapakan varietas durian lokal yang sangat terkenal. Jenis durian Petruk berasal dari Desa Randusari, Kabupaten Jepara. Meskipun terkenal, daging buahnya tidak termasuk tebal dan agak lembek. Penggemar Durian Petruk menyukai rasa manis serta aroma yang tidak terlalu tajam. Beberapa penelitian menyatakan kualitas Durian Petruk sama dengan durian yang berasal dari luar negeri. Kelebihan lainnya yaitu buah Durian Petruk termasuk tahan terhadap penyakit busuk akar dan hama penggerek buah.

Durian Sitokong

Durian jenis ini memilki ciri berbentuk bulat, panjang, dan berwarna kekuningan. Daging buahnya termasuk tebal dan memilki rasa yang manis. Siapa sangka buah durian jenis ini berasal dari Indonesia? Ya, Duirian Sitokong berasal dari Ragunan, Pasar Minggu. Meskipun tergolong durian lokal, Durian Sitokong termasuk durian lokal yang tahan penyakit busuk akar dan penggerek buah durian.

Durian Otong

Sumber: Pngtree

Durian Otong (Golden Pillow) menjadi durian yang tergolong istimewa karena dapat berbuah cepat. Buah Durian Otong memilki ciri bentuknya panjang, bagian ujung dan pangkal buah agak runcing, warna hijau kekuningan, serta bentuk duri kerucut kecil dan rapat. Tekstur daging buah Durian Otong halus, kuncupnya tebal, kering, dan agak berlemak. Sayangnya durian jenis ini masih rentan terhadap penyakit busuk akar dan penggerek buah durian. Meskipun terdapat kekurangan, buah ini mampu memproduksi sebanyak 20-50 buah ketika usianya menginjak 7 tahun.

Dari semua jenis durian, mana nih yang kamu suka? Sebelum makan durian, sebaiknya baca terlebih dahulu tentang Berbagi Tips Memilih Durian Matang dan Aturan Konsumsinya. Cari fakta buah-buahan di Indonesia? Yuk, baca aja di artikel blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin