Diterbitkan 22 Jul 2024

Mengapa Pupuk Kieserite Dianjurkan pada Pertanian Hortikultura? Ini Alasannya

Agri Edu
Pupuk Kieserite

Pertanian hortikultura belakangan ini sedang digandrungi karena caranya yang sederhana dan dapat menunjang kebutuhan pangan, nutrisi, maupun estetika. Teknik penanaman yang mudah membuat pertanian hortikultura bisa diterapkan pada berbagai kondisi lingkungan sekitar rumah.

Meski demikian, pertanian hortikultura tetap membutuhkan upaya tambahan untuk meningkatkan kesuburan tanaman termasuk memberi pupuk. Pupuk Kieserite menjadi salah satu jenis pupuk yang paling banyak digunakan pada pertanian hortikultura karena memiliki banyak kelebihan, diantaranya yaitu:

Sumber: Agrounited

1. Cocok untuk Banyak Jenis Tanaman

Pupuk kieserite atau Magnesium Sulfat (MgSO4·H2O) merupakan pupuk yang cocok untuk hampir semua jenis tumbuhan. Pupuk multiguna ini bisa membuat petani menjadi lebih berhemat karena mudah mengatur pengeluaran. Pasalnya untuk keperluan pupuk, petani tidak perlu lagi membedakan anggaran antara satu tanaman dengan tanaman lainnya. 

2. Cocok untuk Semua Jenis Tanah

Penggunaan pupuk kieserite cocok untuk semua jenis tanah, bagaimanapun kondisi keasaman tanahnya. Dengan demikian, petani tidak perlu mengukur kondisi pH tanah sehingga proses pemupukan menjadi lebih cepat. Diantara berbagai jenis tanah tersebut, tanah berpasir dengan pH rendah cenderung membutuhkan kandungan Mg lebih banyak – Ini Dia 7 Jenis Media Tanam Selain Tanah

Kondisi tersebut membuat pemupukan dengan kieserite sangat dianjurkan agar kebutuhan Mg pada tumbuhan dapat tercukupi. Sementara itu, pada tanah yang ada di daerah tropis dan berlempung umumnya memiliki kandungan Mg yang mencukupi dan jarang mengalami pencucian hara Mg oleh air.

3. Cepat Tersedia untuk Tanaman

Kieserite biasanya diperoleh dari hasil tambang alam maupun melalui proses pemurnian produksi dengan hasil yang sama, yaitu Magnesium Sulfat. Magnesium merupakan pusat atom dari molekul klorofil yang menjadi pigmen warna hijau pada daun sehingga keberadaannya pada tanaman harus tercukupi. 

Ketersediaan unsur hara Magnesium yang optimal dapat menghasilkan hijau dan meningkatkan produksi asimilat untuk mendapatkan hasil produksi fotosintesis yang tinggi. Sementara itu, sulfur juga memiliki peran penting dalam aneka metabolisme tanaman seperti pembentukan gula dan pati, serta sintesa minyak dan lemak. 

Untuk memenuhi kebutuhan magnesium dan sulfur pada tanaman tersebut, diperlukan pupuk kieserite. Jenis pupuk ini dapat dapat bekerja cepat yakni cepat tersedia bagi tanaman setelah diaplikasikan karena sifatnya yang mudah larut.

4. Aplikasinya Mudah

Bagi pemula yang ingin mengaplikasikan pupuk kieserite tidak perlu khawatir karena teknik aplikasinya sangat mudah. Pupuk kieserite bisa langsung diaplikasikan ke tanah, baik dalam bentuk bubuk maupun bentuk granular. Pemberian pupuk kieserite juga bisa dilakukan secara tunggal maupun dicampur dengan pupuk jenis lain.

Pupuk kieserite sangat baik untuk pemenuhan unsur hara pada saat sebelum penanaman maupun selama masa pertumbuhan. Untuk dosis aplikasi kieserite yang dianjurkan umumnya sekitar 150-300 kg/Ha tergantung jenis tanaman dan kondisi tanah. 

Empat alasan di atas tentunya membuat permintaan pasar akan pupuk kieserite saat ini menjadi cukup tinggi. Terlebih harganya juga terjangkau, sehingga cocok dijadikan pilihan. Tertarik dengan informasi menarik lainnya seputar pertanian? Kunjungi website kami di Gokomodo.com

whatsapp
twitter
facebook
linkedin