Diterbitkan 14 Oct 2024

Mudah Diaplikasikan! Inilah Keunggulan Pupuk NPK Cair

Agri Edu
Pupuk NPK Cair

Pupuk NPK merupakan salah satu sumber nutrisi tambahan bagi tanaman karena kandungannya yang komplit. Jenis pupuk ini tersedia dalam berbagai bentuk seperti cair dan butiran dengan keunggulan dan tujuan penggunaannya masing-masing – Mengenal Perbedaan Pupuk NPK 15-15-15 dan 16-16-16, Lebih Unggul Mana?

Pengggunaan NPK cair saat ini memang tengah banyak diminati karena memiliki banyak keunggulan, termasuk teknik aplikasinya yang mudah. Selain itu, pupuk jenis ini juga memiliki banyak keunggulan lainnya. Penasaran apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Sumber: iStock

Keunggulan Pupuk NPK Cair 

Teknik Aplikasinya Mudah

Nutrisi dalam bentuk cair, termasuk NPK cair lebih mudah diaplikasikan karena tidak perlu melarutkannya terlebih dahulu. Unsur NPK dalam bentuk cair ini tersedia secara merata sehingga dapat memberikan nutrisi secara merata juga bagi tanaman. Jenis pupuk ini juga dapat diaplikasikan dengan cara disiram pada tanah maupun melalui proses semprot pada batang maupun daun.

Mudah Diserap oleh Tanaman

Bagi tanaman yang membutuhkan unsur hara NPK, pemberian NPK cair sangat direkomendasikan. Pasalnya, kandungan nutrisi pada NPK cair bisa segera diserap tanaman dengan mudah sebagai suplai selama masa pertumbuhan. Ciri khas NPK cair ini dapat segera membantu tanaman saat kondisi darurat atau defisiensi unsur NPK.

Kaya Akan Unsur Hara

Penggunaan NPK cair umumnya digunakan untuk memacu pertumbuhan daun dan pembentukan bunga maupun buah. Unsur nitrogen akan membantu penyusunan asam amino, nukleat, dan klorofil sehingga daun lebih hijau dan tanaman lebih cepat tumbuh. Untuk membantu proses metabolisme, unsur fosfor mengambil peran sebagai penyalur energi sedangjan kalium berperan dalam penyerapan air dan hara.

Rekomendasi Pupuk NPK Cair 

Pupuk NPK King Tonik Cair

Sebagaimana NPK cair pada umumnya, NPK Tonik Cair juga berfungsi sebagai penyubur tanaman. Pemberian pupuk cair ini juga dapat mencegah tanaman layu atau bahkan kerontokan sehingga tanaman akan tumbuh lebih kuat dan subur.

Pupuk NPK Cair Vertine Grow

Formulasi pupuk cair Vertine Grow tidak hanya dapat memberikan nutrisi pada tanaman tetapi juga meningkatkan resistensi dari serangan hama dan penyakit. Apalagi pupuk ini juga memiliki tambahan bahan penting seperti Sulfur, Magnesium, Klorin, dan lainnya.

Pupuk NPK Cair Mutiara

NPK cair Mutiara memiliki kandungan tambahan ZPT yang berperan untuk merangsang pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman. Selain waktu panen yang dapat lebih cepat, pemberian pupuk cair merk ini juga dapat meningkatkan kuantitas hasil panen. 

Pupuk NPK Cair Plus Suplemen 

Tak hanya kaya akan unsur hara makro dan mikro, NPK Cair yang satu ini dilengkapi dengan suplemen khusus berupa formula ZPT. Proses aplikasi pupuk cair ini juga cukup mudah karena dapat dilakukan bersamaan dengan pemberian insektisida maupun fungisida.

Penggunaan NPK cair memang bisa menjadi solusi untuk kamu yang bosan dengan nutrisi tanaman yang berbentuk butiran. Dengan teknik semprot yang tepat, pemupukan akan lebih optimal dan pastinya membantu tanaman untuk tumbuh lebih subur. 

Agar tidak salah dalam memilih produk pupuk di pasaran, kamu bisa membeli pupuk NPK cair ini di GokoMart. Toko pertanian modern ini menyediakan berbagai produk pupuk yang dijamin asli. Selain produk pupuk, kamu juga bisa mendapatkan produk lain seperti pestisida dan alat-alat pertanian. Mau belanja lebih hemat? Ingat GokoMart!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin