Diterbitkan 6 Sep 2024

Mengenal Perbedaan Pupuk NPK 15-15-15 dan 16-16-16, Lebih Unggul Mana?

Agri Edu
Pupuk NPK 15 15 15

Pupuk NPK tentu tidak asing lagi di kalangan petani karena manfaatnya yang sangat besar dan memiliki andil dalam meningkatkan kesuburan tanaman. Tak heran, kebutuhan akan pupuk jenis ini di pasaran selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Tahukah kamu, pupuk NPK terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu NPK 15-15-15 dan NPK 16-16-16. Kedua jenis pupuk NPK tersebut digadang-gadang paling banyak diminati di pasaran dengan spesifikasi peruntukan yang berbeda.

Nah, untuk mengetahui perbedaannya, simak ulasan di bawah ini dan temukan jenis pupuk NPK yang cocok dengan tanaman milikmu.

Sumber: Istock

Perbedaan Pupuk NPK 15-15-15 dan 16-16-16

Pupuk NPK 15-15-15 

Pada dasarnya, angka 15-15-15 pada pupuk NPK menunjukkan bahwa tiap unsur yang terkandung di dalamnya sebanyak 15%. Dengan perbandingan Nitrogen 15%, Fosfor 15%, dan Kalium 15% membuat pupuk ini cukup multifungsi. 

Kamu bisa mengaplikasikannya untuk tanaman perkebunan seperti karet dan kopi, tanaman pangan, maupun hortikultura. Sederhananya, Pupuk NPK 15-15-15 diberikan pada tanaman tahunan yang tak dibongkar sekali panen.

Pupuk NPK 16-16-16 

Seperti namanya, persentase tiap unsur pada pupuk NPK 16-16-16 yakni sebanyak 16% Nitrogen, 16% Fosfor, dan 16% Kalium. Perbedaan lain dengan NPK 15-15-15 adalah pada kandungan Nitrogennya, dimana pupuk NPK 16-16-16 biasanya terdiri dari Nitrat (NO3-). Tak heran jika jenis pupuk ini lebih cocok untuk tanaman hortikultura seperti buah dan sayur.

Rekomendasi Pupuk NPK Terbaik

Mutiara Pupuk NPK 16-16-16

Bagi petani yang mengharapkan hasil panen lebih cepat sekaligus lebih banyak, Mutiara Pupuk NPK bisa menjadi pilihan. Meski berbentuk granula padat, pupuk ini cukup mudah larut dalam air sehingga memudahkan pemberian dan memaksimalkan penyerapan oleh tanaman.

NPK Pak Tani 15-15-15 Premium

NPK Pak Tani 15-15-15 dikatakan Premium karena dilengkapi oleh unsur TE yang terdiri dari Cu, Mn, Zn, dan Fe. Tak hanya itu, produk ini bahkan diperkaya dengan unsur hara MgO, CaO, S, dan Si. Dengan kelengkapan ini NPK Pak Tani premium dapat membantu memaksimalkan proses fotosintesis, merangsang pertumbuhan tanaman, dan fungsi penting lainnya.

Pak Tani Pupuk NPK 16-16-16 Biru

Aneka produk dari Pak Tani memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, termasuk Pupuk NPK yang ditawarkan. Jenis pupuk tersebut diformulasikan untuk mendukung pertumbuhan tanaman baik sebagai pupuk dasar maupun susulan. Tak heran jika Pupuk Pak Tani memiliki banyak penggemar karena kualitas dan kepraktisannya.

Mutiara Grower Pupuk NPK + TE

Mutiara Grower Pupuk NPK merupakan pupuk anorganik berbentuk granular yang berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman. Adanya tambahan kandungan TE (Trace element) dapat membantu tanaman mendapatkan suplai unsur hara secara merata. 

TE dalam pupuk ini berupa Boron, Seng, dan Mangan yang menunjang pembentukan dan pembelahan sel. Sementara itu, Seng pada TE berfungsi untuk mengaktifkan enzim dan Mangan untuk memacu pertumbuhan tunas baru.

Setelah membaca artikel di atas, apakah kamu sudah paham mengenai perbedaan jenis NPK 15-15-15 dan NPK 16-16-16? Jika kamu masih membutuhkan informasi seputar pupuk NPK lainnya, seperti Unsur Apa Saja Yang Terkandung Dalam NPK? Coba Intip Dikit Artikel Di bawah Ini, kamu bisa membacanya melalui website Gokomodo.

Tak hanya memberikan pengetahuan seputar dunia pertanian, Gokomodo melalui GokoMart juga menyediakan berbagai produk pertanian berkualitas yang dijamin asli. Kamu bisa mendapatkan bermacam-macam produk pupuk, pestisida, hingga alat-alat pertanian lain dalam satu toko tani modern. Tunggu apalagi? Segera kunjungi gerai GokoMart terdekat!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin