Diterbitkan 10 Sep 2024

Inilah Pupuk Yang Cocok Untuk Semua Tanaman Buah dengan Pupuk NPK Pembesar Buah

Agri Edu
NPK Pembesar Buah

Musim pancaroba seperti sekarang ini banyak dampak yang merugikan bagi petani, salah satunya menurunnya kualitas panen. Menurunnya kualitas panen dapat juga disebabkan karena ketersediaan bahan organik untuk membentuk nutrisi di tanah berkurang. Salah satu solusi mempertahankan kualitas hasil panen ketika musim pancaroba yaitu dengan memberikan pupuk NPK pembesar buah. Apa ya bedanya dengan pupuk NPK pada umumnya? Coba deh simak penjelasan berikut ini.

Pupuk NPK Sebagai Pembesar Buah

Pupuk NPK merupakan pupuk majemuk yang komposisinya terdiri dari tiga unsur hara makro esensial, antara lain nitrogen, fosfor, dan kalium. Karena mengandung unsur hara majemuk, biasanya pupuk NPK bisa digunakan untuk fase vegetatif dan generatif. Yang membedakan fungsi pupuk NPK terletak pada komposisi tiap-tiap unsur, misalnya saja NPK 15-15-15 yang berarti unsur nitrogen, fosfor, dan kalium masing-masing 15% – Sudah Hapal Tentang NPK 15-15-15? Coba Baca Selengkapnya Di Bawah Ini!

Meskipun pupuk NPK lebih sering digunakan untuk tanaman saat fase vegetatif, tetapi juga ada lho yang memakai pupuk NPK untuk pembesar buah. Memangnya bisa? Untuk pupuk NPK pembesar buah, komposisi fosfor biasanya lebih banyak dibandingkan nitrogen. Hal ini dikarenakan nitrogen lebih berperan pada pembesaran tanaman, bukan pembesaran buah. Selain pembesar buah, fosfor memiliki manfaat lain untuk tanaman, seperti:

  • Merangsang pertumbuhan akar.
  • Mempercepat pertumbuhan tanaman.
  • Mempercepat proses pembentukan bunga dan pemasakan buah serta biji.
  • Meningkatkan produksi biji-bijian.
  • Memperkuat batang tanaman.
  • Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit.

Setelah tahu betapa pentingnya pupuk NPK pembesar buah untuk memaksimalkan hasil panen, Gokomodo akan beri rekomendasi lebih banyak yang bisa kamu pilih, loh!

Rekomendasi Pupuk NPK Pembesar Buah

Sebelumnya sudah Gokomodo beri clue sebaiknya pupuk NPK pembesar buah pilih kadar fosfor yang lebih banyak dibandingkan nitrogen. Nah, daripada pusing-pusing lihat komposisi unsur di masing-masing pupuk, Gokomodo beri rekomendasi pupuk NPK pembesar buah yang dapat kamu beli dengan mudah.

Pupuk NPK Aneka Buah

Pupuk NPK Aneka Buah merupakan salah satu pupuk NPK yang diformulasikan untuk pembesaran buah. Bahan dasar pupuk NPK Aneka Buah terdiri dari Cilie Nitrate (CPN) yang memiliki karakteristik lebih cepat diserap oleh akar. Jenis pupuk NPK ini memiliki komposisi nitrogen 15%, fosfor 20%, dan kalium 35%. Pupuk NPK Aneka Buah juga dilengkapi dengan unsur hara sulfur dan P2O5 (hydro complex).

Pupuk NPK Cair GrowMore

Selain pupuk granular, ada juga pupuk NPK pembesar buah dalam sediaan cair, salah satunya yaitu pupuk NPK cair GrowMore. Pupuk NPK cair GrowMore mengandung 10% nitrogen, 55% fosfor, 10% kalium, dan ditambah dengan unsur hara mikro. Keunggulan pupuk ini mudah diserap tanaman, baik diberikan melalui akar maupun daun. 

Pupuk NPK Meroke Provit Maxi

Pupuk NPK Meroke Provit Maxi merupakan pupuk NPK yang cocok untuk pembesaran buah. Komposisi pupuk ini terdiri dari 6% nitrogen, 27% fosfat, 38% kalium, serta dilengkapi dengan trace element. Pupuk NPK Meroke Provit Maxi memang dbiuat khusus untuk fase generatif dengan kelebihan mampu merangsang pembungaan serta pembesaran dan pematangan buah. Pupuk ini tersedia dalam sediaan kristal putih sehingga mudah larut dalam air. Penggunaan pupuk NPK Meroke Provit Maxi dapat diaplikasikan dengan cara disemprotkan pada daun atau dikocorkan. 

Pupuk NPK Buah Maxxigro-B

Pupuk NPK Buah Maxxigro-B termasuk pupuk NPK karena kandungan fosfat dan kaliumnya yang tinggi. Penggunaan pupuk NPK Buah Maxxigro-B terdiri dari 15% nitrogen, fosfat 30%, dan kalium 25%. Pupuk NPK ini termasuk dalam sediaan tepung, sehingga mudah larut dengan air.

Pupuk NPK SoilFerti

Ada satu lagi pupuk NPK pembesar buah yaitu pupuk NPK SoilFerti yang khusus digunakan saat masa generatif tanaman. Pupuk NPK SoilFrti terdiri dari 9% nitrogen, 25% fosfor, dan 25% kalium serta ditambah dengan beberapa trace element. Sebaiknya pupuk ini diberikan menjelang tumbuh bunga atau saat pengisian buah dan biji. Nitrogen pada pupuk ini berbentuk nitrat, sehingga mudah larut dalam air. Cara pengaplikasian pada tanaman juga fleksibel, bisa dengan cara dikocor maupun disiram.

Pupuk Gandasil B

Gandasil B merupakan pupuk yang  berperan dalam pembungaan dan pembuahan pada tanaman. Pupuk Gandasil B terdiri dari 6% nitrogen, 20% fosfor, 30% kalium, serta unsur hara mikro berupa 1% magnesium. Pupuk Gandasil B dilakukan sebelum tanaman memasuki fase generatif untuk menambah pasokan fosfor dan kalium.

Selain membutuhkan unsur fosfor yang banyak, ternyata pupuk NPK pembesar buah juga memerlukan unsur kalium. Kalium pada tanaman berperan penting dalam peningkatan kualitas buah. Perpaduan unsur nitrogen dan kalium yang banyak menjadikan pupuk NPK jenis ini sesuai dengan kebutuhan tanaman. Pupuk NPK pembesar buah dapat kamu beli di GokoMart terdekat, yang sudah pasti asli, harga bersaing, dan banyak promonya! Kira-kira selanjutnya bahas artikel apa lagi, ya? Jangan lupa untuk cek artikel di blog Gokomodo secara berkala!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin