Diterbitkan 16 Aug 2024

Sudah Hapal Tentang NPK 15-15-15? Coba Baca Selengkapnya Di Bawah Ini!

Tips / Tutorial
NPK 15-15-15

Ada banyak jenis pupuk NPK yang beredar di pasaran, salah satunya adalah pupuk NPK 15-15-15. Pupuk ini merupakan salah satu pupuk majemuk andalan petani yang berisi unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk ini terbagi menjadi dua subsidi dan non-subsidi. Nah, kali ini Gokomodo akan mengulas salah satu jenis pupuk NPK 15-15-15 non-subsidi yaitu pupuk NPK 15-15-15+TE. Simak yuk, siapa tahu kamu sedang butuh pupuk jenis ini!

Mengenal Trace Element pada Pupuk NPK 15-15-15

Pupuk NPK mengandung tiga unsur hara makro esensial yang dibutuhkan oleh tanaman. Selain itu, beberapa NPK 15-15-15 yang baik juga dilengkapi dengan trace element atau biasa disebut dengan TE. Apa sih sebenarnya TE itu?

Trace element (TE) merupakan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman dalam jumlah yang sedikit. Beberapa unsur yang termasuk unsur TE yaitu besi, mangan, zinc, tembaga, boron, molybdenum, klor, dan masih banyak lagi. Jika dilihat lagi, ternyata trace element sama dengan unsur hara mikro, lho. Karena Jarang Dibahas, Inilah Pengertian dan Jenis Unsur Hara Mikro yang DIbutuhkan Tanaman. Sebagian besar TE berperan dalam pembentukan zat hijau daun dan mengaktifkan enzim serta hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Kira-kira ada tidak ya pupuk NPK 15-15-15 dengan tambahan TE di pasaran?

Pupuk NPK 15-15-15+TE Pak Tani

Sumber: Saprotan Utama

Siapa yang tak kenal pupuk unggulan merek Pak Tani? Merek Pak Tani mengeluarkan pupuk NPK 15-15-15 yang dilengkapi dengan TE juga. Bagi kamu yang sudah banyak membaca artikel Gokomodo, pasti tahu kalau pupuk ini termasuk pupuk yang komposisi unsur haranya seimbang. Unsur TE yang ada dalam Pupuk NPK 15-15-15+TE Pak Tani yaitu copper, zinc, mangan, dan boron. Pupuk Pak Tani aman digunakan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan untuk tanaman tembakau, kedelai, cengkeh, coklat, padi, dan masih banyak lagi. Dengan bentuk granular, pupuk ini mudah diaplikasikan, baik itu ditabur maupun disemprotkan pada tanaman. 

Pupuk NPK Compaction DGW 15-15-15+TE

Pupuk NPK 15-15-15+TE yang satu ini dilengkapi dengan teknologi compaction compound. Compaction compound merupakan metode pembuatan pupuk anorganik dengan sistem pengepresan atau pemadatan dalam suhu tinggi yang menggunakan material kering atau campuran berbagai jenis pupuk tunggal. Maka dari itu pupuk NPK Compaction DGW memiliki konsistensi unsur hara makro dan mikro di setiap butirannya. Trace element pada pupuk NPK Compaction DGW 15-15-15 berupa unsur magnesium dan sulfur. Bagusnya lagi, pupuk ini dapat digunakan untuk semua jenis tanaman, mulai dari tanaman buah, tanaman bunga, sayuran, tanaman pangan, dan tanaman palawija.

Pupuk NPK 15-15-15+TE Daun Sawit

Pupuk NPK 15-15-15 merek Daun Sawit merupakan pupuk NPK berimbang dengan kadar 15% untuk masing-masing unsur hara makro. Jenis pupuk ini juga dilengkapi dengan trace element untuk mencukupi kebutuhan unsur hara mikro pada tanaman guna merangsang pertumbuhan tunas baru, memperbanyak zat hijau daun, dan membantu memaksimalkan pertumbuhan tanaman. Pupuk jenis Daun Sawit sebaiknya digunakan untuk tanaman kelapa sawit sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan. Pengaplikasiannya cukup mudah yaitu dengan cara ditabur, ditugal dalam tanah, maupun dilarutkan dengan air lalu disiram kebagian bawah tanaman. 

Bagaimana, sudah jelas bukan tentang pupuk ini dengan tambahan trace element? Setelah kamu tahu unggulnya trace element, masih mau pakai pupuk NPK 15-15-15 yang biasa saja? By the way, kamu bisa mendapatkan pupuk NPK 15-15-15+TE di GokoMart terdekat. Simak informasi tentang pupuk andalan petani lainnya hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin