Diterbitkan 20 May 2024

Makin Produktif di Rumah, Ketahui Berbagai Macam OIahan Dari Kentang

Lifestyle
Olahan kentang

Olahan kentang saat ini cukup banyak diminati sebagai salah satu sumber nutrisi saat ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Pasalnya, olahan umbi batang ini kaya dengan serat serta karbohidrat yang dapat membuatmu cepat kenyang. Meski demikian, jika kamu memilih kentang untuk menu diet, pastikan mengolahnya dengan cara yang tepat.

Pilihan cara yang tepat untuk mengolah kentang menjadi makanan sehat dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu direbus, kukus, atau dipanggang. Jangan khawatir soal rasa karena kamu tetap dapat menikmati berbagai olahan sehat ini dengan rasa yang lezat. Bagi kamu yang ingin segera mencicipinya, ikuti berbagai ide olahan dari kentang berikut ini.

1. Mashed Potato

Mashed potato atau kentang tumbuk merupakan salah satu menu rendah lemak yang kaya nutrisi. Apalagi biasanya disajikan bersama dengan brokoli yang tinggi akan folat, vitamin C, dan vitamin K.

Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan kentang yang sudah dikukus. Campurkan dengan merica, butter, dan susu sedikit demi sedikit kemudian masak sebentar dengan api kecil.

2. Sup Kentang

Olahan sup memang sangat mudah dibuat dan menjadi favorit terutama saat cuaca sedang dingin. Kamu bisa membuat olahan sup dari kentang yang dimasak dengan berbagai sayuran dan bumbu sederhana.

Tambahkan merica, garam, seledri, dan susu kemudian aduk hingga rata dan tunggu sampai mendidih. Pastikan untuk sering mengaduknya agar tidak lengket dengan lapisan panci dan segera sajikan dalam keadaan hangat.

3. Salad Kentang

Salad merupakan menu diet yang paling populer karena sangat mudah dibuat sekaligus dikreasikan. Namun terkadang banyak orang yang merasa salad kurang mengenyangkan karena terlalu didominasi dengan sayur atau buah. Sebagai solusinya, kamu bisa menambahkan kentang rebus bersama aneka pelengkap seperti telur, brokoli, dan kubis. 

Untuk melengkapi nutrisinya, tambahkan dressing minyak zaitun yang bermanfaat dalam mengoptimalkan penurunan berat badan dan mencegah penyakit jantung. Pilihan dressing lain yang bisa kamu coba yaitu dengan mencampurkan mayonaise, garam, lada hitam, dan gula secukupnya.

4. Potato Wedges

Saat sedang menjalani program diet, bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi dan mencicipi aneka makanan. Cobalah buat potato wedges di rumah karena langkahnya yang mudah dan nutrisinya yang kaya. Sebelum dimasak, kentang yang sudah bersih dan dipotong menjadi 6 bagian perlu direndam dengan air garam dan es agar lebih renyah dan gurih. Selanjutnya, rebus kentang hingga matang dan oleskan olive oil.

Campur tepung maizena dengan bubuk lada hitam, seledri kering, bubuk cabai, dan kaldu ayam sesuai selera. Campuran tepung ini merupakan adonan yang akan melapisi kentang sebelum dipanggang hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan.

Empat menu olahan kentang tersebut tentunya bisa membantumu untuk menjalani diet dengan lebih menyenangkan. Tertarik dengan artikel seputar tips lainnya? Gokomodo akan Berbagi Tips Memilih Durian Matang dan Aturan Konsumsinya. Baca sekarang juga!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.