Diterbitkan 3 Jul 2023

Catat Waktu Penting Ini Saat Menanam Pohon Karet

Agri Edu
menanam pohon karet

Hasil perkebunan karet termasuk komoditas ekspor yang diunggulkan dari Indonesia. Untuk menghasilkan getah karet yang berkualitas, maka perlu diperhatikan juga penanaman hingga panen getah karet. Belum banyak yang tahu tentang serba-serbi menanam karet. Gokomodo sudah merangkum apa saja yang perlu kamu tahu seputar menanam karet. 

Waktu penting saat menanam pohon karet

Semua tanaman pasti membutuhkan iklim dan suhu yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik. Pohon karet akan tumbuh baik apabila mendapatkan curah hujan yang cukup sebanyak 1.600-2.000 mm/tahun. Dengan curah hujan tersebut, makan kondisi tanah akan lembab sehingga cocok ditanami pohon karet. 

Menanam pohon karet sebaiknya dilakukan sepanjang musim hujan. Hal ini dikarenakan pupuk akan tersebar merata pada lahan dengan bantuan aliran air hujan. Sebisa mungkin selesaikan penanaman sebelum musim kemarau tiba dan kesuburan tanah sudah terpenuhi ketika musim hujan. 

Ada hasil yang signifikan apabila menanam pohon karet dilakukan saat musim hujan, salah satunya kualitas getah. Menurut keadaan sebenarnya, getah yang dihasilkan lebih kental dan lebih berkualitas. 

Selain penanaman di waktu yang tepat, ada baiknya pemupukan juga dilakukan tepat waktu. Pupuk yang bagus untuk pohon karet yaitu pupuk urea, TSP, KCL, dan Kliserit. Pupuk KCl memang terkenal bagus untuk tanaman, tidak heran apabila pohon karet juga membutuhkan pupuk tersebut – Pupuk KCl: Pengertian dan Manfaatnya untuk Tanaman. Sedangkan frekuensi pemupupukan sebaiknya dilakukan 2-6 kali pertahun. 

Pohon karet yang tumbuh dengan baik, lateks bisa dipanen 2 jam setelah penyadapan. Biasanya penyadapan dilakukan pada pukul 05.00 – 06.00, sedangkan panen dilakukan pada 08.00-10.00.
Terlepas dari waktu penanaman, pemupukan, dan panen pohon karet, lokasi untuk penanaman pohon karet juga perlu dipertimbangkan. Meskipun tidak memerlukan tanah yang sangat subur, pohon karet akan maksimal apabila tumbuh di tanah dengan pH 5-6.

Selain tentang penanaman pohon karet, Gokomodo juga merangkum seputar pohon karet yang mungkin kamu belum tahu. Jangan lupa cek websitenya setiap hari untuk edukasi lebih banyak!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.