Diterbitkan 16 Jan 2024

Ciri-ciri dan Harga Bibit Sawit Terbaik

Agri Edu
harga bibit sawit

Membahas mengenai bibit sawit, tentu tak lepas dari bagaimana ciri-ciri bibit sawit yang unggul dan berapa harga bibit sawit di pasaran saat ini. Dengan mengetahui ciri-ciri bibit sawit unggul, kita tidak akan mudah tertipu dengan bibit sawit ilegal yang biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. 

Penggunaan bibit sawit bersertifikat unggul juga akan meningkatkan produktivitas panen di masa depan – Pentingnya Mengetahui Benih Kelapa Sawit Unggul Bersertifikat dan Benih Palsu. Adapun ciri-ciri bibit sawit unggul yang dapat kamu amati sebelum memutuskan membeli bibit sawit adalah sebagai berikut.

Ciri-ciri Bibit Sawit Unggul yang Dapat Dikenali  

  1. Bentuk Bibit

Karakteristik bibit sawit unggul adalah memiliki bentuk lonjong bulat yang tidak disertai cekungan-cekungan atau kecacatan lainnya.

  1. Bentuk Tunas 

Karakteristik berikutnya adalah memiliki mata tunas normal berwarna putih bersih. Jika kamu menemukan bibit sawit dengan bentuk cacat dan memiliki warna coklat berbias kehitaman, maka benih tersebut memiliki mutu yang rendah. 

  1. Bentuk Anak Daun

Bibit sawit unggul cenderung memiliki anak daun melebar, tidak menggulung, dan tidak kusut. Oleh karena itu, hindari bibit dengan ciri anak daun kusut, menggulung, dan sempit.

  1. Akar Bibit

Akar yang tidak terlalu panjang juga menjadi ciri bibit sawit unggul. Umumnya, panjang akar bibit yang berkualitas baik adalah tidak lebih dari 2–3 sentimeter. Selain itu, akar bibit sawit berkualitas baik juga mempunyai tudung dan tidak langsung terbuka. 

  1. Tempurung Bibit Sawit

Tempurung dengan warna hitam pekat yang tidak disertai retakan merupakan ciri bibit berkualitas baik berikutnya. Apabila kondisinya sudah retak, maka kemungkinan besar isi di dalamnya juga sudah rusak dan tidak akan berkembang. 

  1. Batang Bawah Bibit

Bibit sawit berkualitas unggul juga dilihat dari batang bawah yang pendek dan gemuk. Hal ini karena bentuk tersebut akan jauh lebih kokoh daripada bibit dengan batang bawah tinggi dan kurus.

  1. Warna Daun, Batang, dan Radikula

Terakhir adalah melihat pada warna batang, daun, serta batang akar atau radikula. Bibit sawit berkualitas tinggi akan memiliki radikula berwarna kekuning-kuningan mendekati hijau. Sementara warna calon batang dan calon daunnya cenderung keputih-putihan bersih.

Mengenal Harga Bibit Sawit di Pasaran

Bibit sawit yang dijual di pasaran sebagian besar merupakan tanaman Tenera (DxP). Jenis ini merupakan persilangan induk betina Dura (D) dengan induk jantan Pisifera (P). Berikut adalah beberapa bibit sawit yang bisa kamu pilih beserta perkiraan harganya. 

1. Bibit Kecambah Sawit DxP Sriwijaya 

Harga: 225.000

Bibit Kecambah Sawit DxP Sriwijaya merupakan salah satu bibit pilihan karena toleran terhadap kekeringan. Bibit kecambah ini memiliki rerata produksi TBS sekitar 28–33 ton/ha/tahun serta laju pertambahan tinggi yang lambat, yakni hanga 56cm/tahun. 

2. Bibit Kecambah Sawit DxP PPKS Simalungun  

Harga: Rp445.000

Bibit Kecambah Sawit DxP PPKS Simalungun merupakan bibit yang siap ditanam ke polibag dengan tingkat produksi CPO mencapai 8,1 Ton/Ha/Tahun. Dengan isi sekitar 250 butir dalam satu kotak, bibit kecambah ini memiliki keunggulan berupa persentase daging buah (mesokarp) yang mencapai 89% dan tingkat rendemen minyak laboratorium mencapai 32,3%.

3. Bibit Kecambah Sawit Topaz GT Seri 4

Harga: 1.250.000

Topaz DxP Seri 4 merupakan pengembangan dari DxP Seri 3 terbaik. Bibit ini memiliki rata-rata produksi hasil TBS dan CPO pada tahun ke-3 hingga ke-6 mencapai 40,5 ton TBS/ha/tahun dan 12 ton CPO/ha/tahun. Selain itu, rendemen CPO skala pabrik juga mencapai 29,7% dengan minyak inti (PKO) sebesar 4,1%.

Bibit sawit memang memiliki banyak pilihan yang beragam. Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dalam memilih bibit sejak awal agar investasi di masa depan dapat lebih optimal. Jika kamu membutuhkan bibit sawit terbaik, layanan di Gokomodo siap membantu. Kunjungi website kami segera!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin