Diterbitkan 5 Dec 2023

Familiar dengan Pupuk NPK Granular? Yuk, Baca Selengkapnya Disini!

Agri Edu
NPK Granul

Unsur hara dalam tanah tidak sepenuhnya mencukupi kebutuhan tanaman. Hal ini disebabkan karena unsur hara sudah banyak terpakai atau larut dengan air hujan dan tidak ada pembaruan unsur kembali. Agar kondisi tanah kembali subur, sebelum menanam biasanya petani memberikan pupuk NPK yang memilki unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman.

Sumber: Lawn Chick

Pupuk NPK sendiri terdapat beberapa banyak sediaan, yaitu pupuk padat dan pupuk cair. Gokomodo akan membahas sediaan pupuk NPK granul sebagai salah satu pupuk NPK padat yang banyak digunakan oleh petani.

Pupuk NPK Granul

Granul berasal dari kata granule dalam Bahasa Inggris yang berarti butiran. Nah, ternyata pupuk NPK sediaan padat ada yang berbentuk granular atau serbuk halus. Pupuk NPK granul termasuk ke dalam jenis pupuk kering yang kemudian diolah sehingga menjadi serbuk halus. Penggunaanya pun sangat mudah, cukup dengan cara disebarkan dan dibenamkan mengelilingi tanaman dengan jarak 2 inch dari akar. Dengan pengaplikasian pupuk berbentuk granul lebih mudah, maka diharapkan produksi tanaman akan meningkat dan menguntungkan.

Keunggulan Pupuk NPK Granul Dibanding Sediaan Lainnya

Selain mudah dalam penggunaannya, pupuk NPK granul memiliki kelebihan lainnya yang tidak dimiliki oleh sediaan pupuk NPK lainnya. Apa sajakah kelebihannya?

  • Harga lebih murah

Kebutuhan pupuk NPK tidak mungkin hanya puluhan kilo. Dalam satu hektar lahan, masih mungkin memerlukan pupuk NPK sebanyak ratusan kilo. Nah, pupuk NPK granulmenawarkan harga yang lebih murah apabila pembelian skala besar.

  • Penyimpanan lebih mudah

Bentuk pupuk dengan sediaan granul lebih mudah disimpan dan tidak mengalami perubahan, seperti membentuk endapan atau berubah ‘rasa’ dalam suhu rendah. 

  • Teknologi slow release

Teknologi ini hanya ditemukan dalam sediaan granul, termasuk pada pupuk. Teknologi slow release dinilai lebih ramah lingkungan dan hemat dalam penggunaannya. Baca lebih lengkap tentang teknologi slow release pupuk pada artikel Pupuk Slow Release: Pupuk Hemat dan Ramah Lingkungan.

Pupuk NPK Granul yang Sering Dijumpai di Toko Pertanian

Pupuk NPK granul menjadi idola para petani. Selain kelebihan yang ditawarkan sebelumnya, pupuk NPK granular juga unggul dalam konsistensi kandungan unsur makro di setiap butirannya, sehingga kesehatan tanah meningkat. Jika memerlukan pupuk NPK, Gokomodo sarankan untuk membeli merek pupuk berikut

Sumber: Pennington

Pupuk NPK Granul Mahkota

Pupuk NPK granul Mahkota memilki kandungan 13-8-27-4+0,5B. Kandungan fosfat dan kalium yang rendah menjadikan pupuk ini cocok diaplikasikan pada tanaman yang sudah menghasilkan. Kandungan boron pada pupuk ini cocok diaplikasikan pada tanaman di lahan gambut. Pupuk NPK merek Mahkota tersedia dalam kemasan 50 kg.

Pupuk NPK Sawit Pak Tani

Jenis pupuk NPK ini memilki formulasi unsur makro sebanyak 13-6-27-4-0,65B produksi Saprotan Utama. Pupuk NPK ini tersedia dalam sediaan granular dan cocok digunakan pada tanaman kelapa sawit yang sudah menghasilkan. NPK Sawit Pak Tani tersedia dalam kemasan 50 kg.

Pupuk NPK Pelangi

Terakhir, pupuk NPK merek Pelangi memilki komposisi unsur hara 12-12-17-2TE yang diproduksi oleh PT Pupuk Kalimantan Timur. Pupuk ini ttersedia dalam sediaan granul slow release sehingga menghemat penggunaan pupuk sebesar 30%. Tentunya pupuk ini cocok digunakan untuk tanaman kelapa sawit. Pupuk NPK Pelangi sediaan granul terdapat ukuran 50 kg.

Pastikan untuk membeli pupuk NPK sesuai dengan jenis tanaman budidaya, ya. Penggunannya harus disesuaikan dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Jangan khawatir, pupuk NPK granul bisa dibeli melalu Mitra Gokomodo teerdekat. Nantikan informasi lengkap mengenai pupuk pertanian hanya di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin